Demokrat

Demokrat

Domian

Domian

Wahyu Sagala

Wahyu Sagala
Redaksi
Rabu, 30 Desember 2020, 17:58 WIB
Last Updated 2021-12-21T16:07:00Z
Wisata

Sandiaga: Danau Toba Ikon Baru Pariwisata Indonesia

 




Toba-‎Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Sandiaga Salahuddin Uno mengaku Pemerintah tengah menyiapkan kawasan Danau Toba menjadi ikon pariwisata baru di Indonesia. 


Untuk itu, segala infrastruktur dan fasilitas pariwisata akan dikebut untuk selesai dalam waktu dekat ini.


"Selama setahun ke depan ini, apa yang bisa kita lakukan pilot project dan trial. Sehingga nanti ketika dibuka kita sudah siap menjadi ikon baru di pariwisata Indonesia," ungkap Sandi saat berkunjung di Danau Toba, Sumatera Utara, Rabu siang, 30 Desember 2020.


Sandiaga menjelaskan Danau Toba harus menjadi pariwisata berbasis keindahan alam, sport tourism, dan budaya. Hal ini, menjadi daya tarik khusus bagi wisatawan akan berkunjung ke danau terbesar di Asian Tenggara ini, kedepannya.


"Sehingga setelah pandemi kita, semua siap dengan produk-produk ekrafnya, destinasinya, kegiatannya, evantnya. Terutama tadi saya terpikir soal kegiatan berbasis olahraga, wisata berbasis alam, yang juga mengandung kelestaruan budaya kita," jelas Sandiaga.


Sandiaga mengungkapkan untuk fokus 2021 di kawasan Danau Toba, bukan saja infrastruktur. Tapi, persiapan dan peningkatkan Sumber Daya Manusia (SDM) dibidang sektor pariwisata.


"Ini bagian daripada tugas dari Pak Presiden. Jangan hanya berfikir infrastruktur. Tapi kesiapan dari segi talenta, SDM, produk Ekraf. Karena, ada 17 subsektor yang harus kita siapkan. Juga eventnya. Bahwa kita harus siapkan Calendar of Event," tutur Sandiaga.


Meski terpuruk dengan kondisi pandemi COVID-19 saat ini. Sandiaga optimis pemerintah Indonesia dapat mengarahkan kembali dunia pariwisata tanah air ini dengan langkah-langkah dan kebijakan dibuat demi kesejahteraan masyarakat.


"Karena kita ingin menggairahkan kembali pariwisata dan ekonomi kreatif. Agar membuka lapangan kerja supaya masyarakat disini bisa sejahterakan," sebut Sandiaga.