DPM

DPM

Polres

Polres

Balon Golkar

Balon Golkar
Redaksi
Rabu, 30 Desember 2020, 13:20 WIB
Last Updated 2021-12-21T16:07:00Z
Hukum & Kriminal

Waspadai Pencurian Modus ART Saat Pandemi

Jakarta - Kepolisian Sektor Cilandak Jakarta Selatan mengimbau masyarakat untuk mewaspadai aksi pencurian dengan modus bekerja sebagai asisten rumah tangga (ART) yang mulai marak terjadi pada masa pandemi COVID-19.

Aktor Jeremy Thomas (tengah) turut menyaksikan petugas kepolisian Polsek Metro Cilandak yang menunjukkan barang hasil curian sepasang asisten rumah tangga (ART) yang bekerja di rumahnya, Jakarta, Selasa (29/12/2020). ANTARA/Laily Rahmawaty/aa.


"Sekarang sudah mulai marak pencurian dengan modus menjadi asisten rumah tangga," kata Kapolsek Metro Cilandak Ajun Komisaris Polisi Iskandarsyah di Jakarta, Selasa 29 Desember 2020.


Menurut Iskandar, biasanya sebelum pandemi COVID-19, jelang akhir tahun banyak masyarakat berpergian untuk berlibur, lalu meninggalkan rumah dalam keadaan kosong.


Kondisi tersebut marak kejahatan modus operandi pencurian di rumah yang ditinggal kosong oleh pemiliknya.


Berbeda dengan kondisi saat ini adanya pandemi COVID-19, sekarang masyarakat sudah banyak bertahan di rumah dan jarang berpergian.


"Dengan adanya pandemi situasi yang kita hadapi sekarang ini banyak modus-modus, kalau dulu akhir tahun banyak orang keluar kota terjadi pencurian dengan modus operandi rumah kosong," ujar Iskandar.


Salah satu kasus pencurian modus ART terjadi di rumah aktor peran Jeremy Thomas di wilayah Lebak Bulus, Jakarta Selatan.


Sepasang suami istri yang baru bekerja selama tiga pekan sebagai ART di rumah aktor asal Riau tersebut, nekad melakukan pencurian.


Pasangan MAB (26) dan MLT (23) membawa kabur barang-barang milik keluarga Jeremy Thomas, mulai dari berlian, anting emas, tas bermerk seharga Rp80 juta, ponsel hingga sepatu serta jaket merk Axel Mathew.


"Ini yang perlu kita antisipasi, lewat ekspos perkara ini menjadi langkah preventif jajaran Polres Metro Jakarta Selatan, khususnya wilayah Cilandak," ungkap Iskandar.


Menurut Iskandar, karakteristik masyarakat Cilandak banyak terdapat perumahan dari berbagai tingkatan ekonomi mulai dari kalangan atas hingga menengah ke bawah.


Iskandar menambahkan, pengalaman Jeremy Thomas yang mempekerjakan ART di masa pandemi, justru menjadi korban pencurian, dapat menjadi bahan informasi bagi masyarakat agar lebih berhati-hati.


Polres Metro Jakarta Selatan, lanjut Iskandar, telah menganalisis evaluasi setiap bulannya sebagai antisipasi guna menekan kasus-kasus kejahatan tersebut.


"Salah satunya upaya menekan angka kasus adalah preventif, melaksanakan press reales hari ini, kita ungkapkan, kumpulkan barang bukti, kejadian ini bisa jadi masukan ke masyarakat yang tinggal di perumahan untuk berhati-hati," ujar Iskandar.


Jeremy Thomas mengapresiasi kinerja Polsek Metro Cilandak telah menangkap dua ART yang mencuri di rumahnya, dan mendapatkan kembali barang-barang yang telah dicuri.


Suami dari Ina Thomas tersebut kecewa dengan mantan ART nya yang telah diberikan kepercayaan olehnya bekerja di masa pandemi, tapi justru melakukan tindak pidana pencurian.


"Kejadian ini jadi pesan, dalam kondisi pandemi ini banyak sekali modus-modus yang saya dan orang awam tidak mengerti, jadi layak hati-hati. Kalau ketemu kejahatan, jangan sungkan untuk melapor," ucap Jeremy.


Kanit Reskrim Polsek Metro Cilandak, AKP Komang Agus menambahkan, selama pandemi pihaknya telah mengungkap dua kasus pencurian dengan modus ART. Selain di rumah Jeremy Thomas, kasus serupa terjadi bulan November 2020.



Sumber:  Polisi imbau warga waspadai pencurian modus ART saat pandemi