SMSI

SMSI
Redaksi
Minggu, 03 Januari 2021, 16:12 WIB
Last Updated 2021-12-21T16:06:59Z
Peristiwa

Awal Tahun Sinabung Erupsi 2 Kali

Karo- Gunung Api Sinabung, Kabupaten Karo, Sumatera Utara kembali erupsi di awal tahun 2021.






Data dari Pusat Vulkanologi Mitigasi Bencana Geologi (PVMBG), Pos Pemantau Sinabung, erupsi terjadi pada 3 Januari 2021, erupsi Sinabung terjadi sebanyak 2 kali, yakni pada pukul 09:34 Wib dengan tinggi kolom kurang lebih 1000 meter.


Dan erupsi kembali terjadi sekitar pukul 12:16 Wib, namun tinggi kolom abu tidak dapat teramati.


Erupsi ini terekam di seismogram dengan amplitudo maksimum 20 mm dan durasi ± 3 menit 1 detik.



Hingga saat ini Gunung Api Sinabung berada pada Status Level III (Siaga), PVMBG Pos Pemantau Sinabung terus merekomendasikan agara masyarakat dan pengunjung/wisatawan agar tidak melakukan aktivitas pada desa-desa yang sudah direlokasi, serta lokasi di dalam radius radial 3 km dari puncak Gunung Sinabung, serta radius sektoral 5 km untuk sektor selatan-timur, dan 4 km untuk sektor timur-utara.



Sedangkan jika terjadi hujan abu, masyarakat dihimbau memakai masker bila keluar rumah untuk mengurangi dampak kesehatan dari abu vulkanik. Mengamankan sarana air bersih serta membersihkan atap rumah dari abu vulkanik yang lebat agar tidak roboh.



Selain itu masyarakat yang berada dan bermukim di dekat sungai-sungai yang berhulu di Gunung Sinabung agar tetap waspada terhadap bahaya lahar.