DPM

DPM

Polres

Polres

Balon Golkar

Balon Golkar
Redaksi
Jumat, 05 Februari 2021, 22:40 WIB
Last Updated 2021-12-21T16:06:51Z
Lifestyle

Mengenal Lebih Dalam "BEATBOX", Hobi yang Sangat Unik dan Sederhana

" Alem, salah satu juara beatbox dunia  pada tahun 2015 berasal dari Francis " Sumber foto www.humanbeatbox.com



Pernahkah kalian mendengar kata "Beatbox"? Beatbox adalah seni yang hanya menggunakan instrumen mulut, hidung dan tenggorokan dengan meniru bunyi"an seprti alat musik drum, terompet, robot, burung dan lain sebagainya. Kamu tak perlu membeli alat musik pendukung dengan harga yang mahal. Karena di diri kita sendiri sudah tersedia. Beatbox termasuk dalam elemen dari Hip-hop bersama rap, breakdance dan graffiti.


Beatbox mulai mendunia sejak awal tahun 2012an hingga sekarang. Ketika diselenggarakan event kejuaraan dunia beatbox di Jerman. Sebenarnya tahun-tahun sebelumnya sudah dilaksanakan, akan tetapi belum setenar tahun 2012.


Banyak juga beatboxer dari Indonesia yang sudah menjuarai kompetisi beatbox battle di  Dunia. Salah satunya Sadam Dwi Satria yang pernah menjuari beatbox battle kategori loop station tingkat Asia yang dilaksanakan di Taiwan pada tahun 2017.


Di Indonesia sendiri, ada satu orang yang turut serta menjadi perwakilan mengikuti ajang tersebut. Bung Billy namanya, dia juga sebagai pencetus beatbox di Indonesia dan juga mendirikan komunitas Indobeatbox. Jika kalian perhatikan di salah satu program stasiun televisi dalam acara Hitam putih yang dibawakan Deddy Corbuzier, Bung Billy menjadi pengisi suara menggunakan skill beatboxnya bersama rekannya yang bermain piano. Jika kamu penasaran seperti apa, kamu bisa melihat di platform Youtube bagaimana perkembangannya.


Untuk scene beatbox dunia ada Human beatbox, Swiss beatbox, beatbox international, dan lain sebagainya. Dan tahukah kamu? Indonesia satu-satunya negara dengan memiliki komunitas beatbox terbanyak di dunia. Hal itu terbukti dari tiap daerah yang memiliki komunitas masing-masing. Contohnya Jakarta Beatbox, Medan Beatbox, Aceh Beatbox, Bandung Beatbox, dan masih banyak lagi. 


Bagaimana cara membunyikan beatbox secara dasar?

Dalam dunia beatbox ada istilah dasar "B" , "T", dan "K".

1. B : Kick drum
Caranya kalian cukup ucapkan kata "PU", lalu tekan mulut rapat-rapat sembari mengucapkannya. Ulangi sampai nadanya menyerupai bunyi kick pada drum.

2. T : Hit hat
Kalian cukup ucapkan " Tchi" serapat mungkin. Ulangi hingga menyerupai bunyi simbal pada drum.

3. K : Snare
Ketika kita mengucapkan "K", ucapkan dengan sentakan. Ulangi hingga menyerupai bunyi snare pada drum.

Untuk pattern (Susunan beat dasarnya) kalian bisa menggabungkan ketiga tadi, "B T K T B T K" Ikuti pola tersebut hingga kalian lancar.


Masih banyak teknik lain dalam beatbox, jika kalian penasaran kalian bisa lihat di platform youtube sudah banyak yang mengajarkan tutorial beatbox, teknik, efek apa saja. Tergantung kita semampu apa mengikutinya. Apakah kamu tertarik? Selamat mencoba.