DPM

DPM

Polres

Polres

Balon Golkar

Balon Golkar
Redaksi
Rabu, 03 Februari 2021, 14:16 WIB
Last Updated 2021-12-21T16:06:55Z
Lifestyle

Smartphone Sebabkan Putus Cinta, Kok Bisa?

Smartphone biasanya digunakan untuk melepas kangen dengan pasangan atau mengabadikan momen seru bersama. Tapi, pernahkah Anda terpikir kalau ponsel pintar juga bisa menyebabkan putus cinta?


Ilustrasi


Sebuah studi dari Hankamer School of Business di Baylor University, Amerika Serikat, mengatakan smartphone sebenarnya dapat merusak hal-hal tertentu di antara Anda dan pasangan.



Agar hubungan asmara tidak kandas akibat alat komunikasi ini, simak penjelasan psikolog mengenai penyebabnya dan tips menggunakan smartphone yang bijak! 



Beberapa penelitian telah mengulas bagaimana penggunaan smartphone memengaruhi hubungan asmara. Hasil positifnya, smartphone membuat pasangan lebih mudah terhubung melalui telepon dan pesan.


Namun, penelitian lain mengungkap sisi gelap ponsel pintar sebagai penyebab kandasnya sebuah hubungan. 


Menurut info dari Psychology Today, seseorang yang lebih memerhatikan ponselnya cenderung akan membuat pasangannya merasa diabaikan.  



Dijelaskan oleh Ikhsan Bella Persada, M.Psi., Psikolog, kebiasaan bermain ponsel saat menghabiskan waktu bersama dapat merusak hubungan asmara.


“Misalnya, ketika bersama pasangan, kita terlalu sering atau sibuk bermain handphone entah bermain game atau scrolling media sosial tanpa interaksi dengan pasangan (phubbing),” ucap Ikhsan.


Selain itu, beberapa contoh lain seperti membalas chat pekerjaan saat bersama pasangan, dan menjawab telepon atau pesan sambil menghindar juga menjadi faktor perusak hubungan. Kebiasaan tersebut dapat membuat kekasih curiga dan merasa diabaikan. 


Bentuk penolakan, bahkan yang paling kecil sekali pun, dapat membuat perasaan sakit hati, serta penurunan mood dan harga diri pada pasangan. Kemarahan dan kebencian pun bisa terpicu. 


Seiring waktu, luka kecil ini akan menimbulkan konflik dan menurunkan kepuasan dalam hubungan asmara. Hal ini pun dapat mengurangi kepuasan hidup dan berisiko meningkatkan gejala depresi.


Tips Gunakan Smartphone agar Tak Ganggu Hubungan Asmara


Ikhsan mengatakan, sebaiknya komunikasi dalam menjalin hubungan dijalankan dengan baik. Karena, komunikasi merupakan kunci lancarnya hubungan asmara.


Berikut ini beberapa tips menggunakan smartphone dengan tepat khususnya saat bersama pasangan:


Ketahui yang Dibutuhkan Pasangan


Kalau pasangan memang butuh waktu berdua (quality time), sebaiknya jauhkan smartphone saat bersama. 


Perbanyak Interaksi Bersama 


Lakukan kegiatan bersama yang menyenangkan, misalnya menonton film atau bermain game. Jangan asyik sendiri dan mengabaikan pasangan.


Diskusi dengan Pasangan Mengenai Penggunaan Ponsel


Bila sering merasa diabaikan oleh pasangan ketika bersama, komunikasikan agar ia mengerti. Utarakan bahwa Anda merasa diacuhkan saat ia lebih memerhatikan ponselnya.


Pahami Tuntutan Pekerjaan


Tidak bisa dimungkiri, sekarang ini teknologi sering menjadi bagian yang tidak terpisahkan dari pekerjaan atau tanggung jawab seseorang, misalnya profesi dokter. 


Oleh karena itu, penting untuk mengenali tuntutan pekerjaan pasangan. Ketahui juga situasi yang membuatnya harus segera menggunakan smartphone.


Nilai Sejauh Mana Penggunaan Smartphone Menjadi Masalah


Anda dan pasangan dapat menilai sejauh mana penggunaan smartphone benar-benar mengganggu interaksi dan waktu bersama. Bila diketahui memang penggunaan ponsel benar-benar jadi masalah, coba buat aturan bersama dengan pasangan. Jadi, masing-masing pihak tidak merasa dirugikan.



Sumber: Smartphone Bisa Sebabkan Putus Cinta, Ini Alasan Psikologisnya