DPM

DPM

Polres

Polres

Balon Golkar

Balon Golkar
Redaksi
Selasa, 02 Maret 2021, 13:25 WIB
Last Updated 2021-12-21T16:06:37Z
Lifestyle

Begini Cara Memilih Jurusan Kuliah Agar Kamu Tidak Bingung

 




Mungkin bagi siswa SMA atau SMK yang memasuki tigkat akhir akan melanjutkan studinya ke jenjang Universitas, pastinya memilih jurusan kuliah merupakan tantangan yang harus dipertimbangkan. Ada yang belum tahu ingin mengambil di bidang apa atau masih penuh kebimbangan, ada pula yang ragu dengan pilihannya.


Namun, jurusan dan program studi sendiri menjadi fondasi krusial yang akan mepengaruhi arah karier dan kehidupan masa depan. Disini akan dilatih melalui bidang keilmuan dan keterampilan yang spesifik dan menjurus. Karenanya, kita harus dapat menentukan jurusan yang benar-benar tepat dan sesuai.


Unruk mempermudah dalam memilih, berikut beberapa caranya :


1. Kenali Cita - Cita, Minat, dan Potensi Diri


Sebelum kamu memilih jurusan yang akan kamu jalani, perlunya mengubah persepsi terlebih dulu. Jangan tanyakan, "Jurusan apa yang harus aku pilih?". Maka kamu tanyakanlah pada dirisendiri, "Jurusan apa yang tepat untukku?"


Langkah pertama dalam memilih jurusan yang tepat adalah dengan memahami bidang studi yang sesuai untukmu. Hal ini bisa dilihat dari beberapa aspek, seperti cita-cita, minat, dan potensi diri.


Untuk menggali dan mengenali diri dengan lebih baik, kamu bisa menjawab beberapa pertanyaan berikut:


  1.  Aku ingin bekerja di industri …
  2.  Hal apa yang bisa membuatku lupa waktu?
  3.  Apa kekuatan terbesarku?
  4.  Apa yang tidak aku sukai?
  5.  Orang bilang aku bertalenta di bidang apa?


2. Pertimbangkan Peluang Masa Depan 

Pada dasarnya, semua jurusan memiliki peluangnya masing-masing. Walaupun begitu, kamu dapat mempertimbangkan jurusan yang sekiranya memiliki prospek karier yang lebih menjanjikan di masa depan. Amatilah kondisi terkini dan sesuaikan dengan prospek karier yang tersedia sesuai program studi tersebut. Jika perlu, kamu pun dapat mempelajari pengalaman alumni dari jurusan yang hendak dipilih.


Misalnya, dengan melihat pertumbuhan teknologi semakin berkembang, kamu dapat menyimpulkan bahwa sektor yang satu ini memiliki peluang yang cukup menjanjikan. Dari situ, carilah beberapa bidang yang berkaitan dengan jurusan teknologi, komputer, sistem informasi.



3. Lakukan Riset Agar Tidak Salah Jalan


Setelah memilih beberapa opsi jurusan, kamu dapat melakukan riset untuk mendapatkan informasi yang mendukung. Mulailah dari mata kuliah apa saja yang akan kamu pelajari, kampus mana saja yang menyediakan jurusan tersebut, berapa biaya dan akreditasinya, hingga apa saja jalur karier yang tersedia.


Kamu dapat membuat daftar jurusan kuliah yang sesuai dengan dirimu. Kemudian kumpulkan hasil riset dan bandingkan data tersebut untuk mendapatkan jurusan yang paling tepat.


4. Konsultasikan dengan Pihak Lain


Memilih jurusan kuliah memang keputusan yang harus dibuat. Tetapi, kamu dapat tetap berdiskusi dan berkonsultasi dengan orang lain. Cobalah untuk berbicara dengan orang-orang terdekatmu, seperti orang tua, keluarga, dan teman akrabmu. Dengarkan pendapat dan saran mereka, kemudian sesuaikan dengan keinginan diri.


5. Beri Waktu Kepada Diri Sendiri


Hal terakhir yang dapat dilakukan adalah memberi waktu pada diri sendiri. Biarkan diri sendiri untuk memikirkan semuanya dengan perlahan-lahan, mulai dari kemampuan diri, peluang masa depan, hingga pendapat dari orang terdekat. Sebaiknya, upayakan untuk tidak terpengaruh oleh orang lain. Karena pada dasarnya, kamu yang lebih mengenal siapa dirimu dan apa yang kamu inginkan dan dituju.


Itulah beberapa cara memilih jurusan kuliah yang dapat dipraktikkan. Melalui pertimbangan yang matang, kamu akan mampu menentukan program studi yang paling tepat sebagai bekal untuk masa depan.