DPM

DPM

Polres

Polres

Balon Golkar

Balon Golkar
Redaksi
Kamis, 04 Maret 2021, 20:37 WIB
Last Updated 2021-12-21T16:06:35Z
Kesehatan

Berikut beberapa penyakit yang disebabkan oleh begadang

 

Begadang jangan begadang kalau tiada artinya. Nyanyian bung Haji Rhoma Irama tersebut jangan hanya didengar namun juga perlu dipahami ya sobat garuda. Segudang aktivitas padat terkadang mengharuskan kita terjaga hingga larut. Namun di era gadget ini, bagi beberapa orang yang tidak memiliki aktivitas ‘penting’ untuk dilakukan, begadang seakan sudah menjadi kebiasaan yang sulit dilepaskan. Entah hanya sekedar menonton drama korea, bermain game di ponsel, atau telfonan dengan gebetan.

Padahal sering begadang dapat memunculkan risiko berbagai penyakit yang tentu jika dibiarkan terus menerus dapat membahayakan nyawa.

Berikut beberapa penyakit yang disebabkan oleh begadang

1.Sistem Imun Menurun

Tubuh dan otak membutuhkan asupan tidur yang berkualitas dengan jam tidur yang teratiur dan cukup. Faktanya, tidur di atas jam 12 alam menurunkan sistem imun, sehingga membuat seseorang beresiko tinggi terkena berbagai macam penyakit, mulai dari yang ringan sampai mematikan.

2.Insomnia

Membiasakan tidur di atas jam 12 malam secara rutin atau berkepanjangan sudah dipastikan akan menderita insomnia. Jika dibiarkan, saat bangun tubuh menjadi lemas dan kurang bergairah dalam beraktivitas  karena tidak mampu memenuhi jatah tidur yang disarankan yakni tujuh sampai delapan jam per harinya.

3.Memicu Penyakit Kardiovaskular

Penyakit kardiovaskular seperti hipertensi dan stroke merupakan penyakit paling mematikan nomor satu di dunia dan sedang meningkat di Asia. Ada sejumlah faktor yang menyebabkan peningkatan CVD seperti pola makan yang tidak sehat, merokok, dan kurang tidur, dan gaya hidup. Gaya hidup tidak sehat salah satunya dimaksud dengan rutin begadang.

4.Risiko Kanker

Dikutip alodokter.com Penyebab utama kanker adalah perubahan (mutasi) genetik pada sel. Mutasi genetik akan membuat sel menjadi abnormal. Sebenarnya, tubuh memiliki mekanisme sendiri untuk menghancurkan sel abnormal ini. Bila mekanisme tersebut gagal, sel abnormal akan tumbuh secara tidak terkendali. Seperti yang diungkapkan diatas ketika sistem imun menurun akibat begadang berkepanjangan tentu tidak ada yang melawan sel kanker pada tubuh.

5.Obesitas

Jangan mengira obesitas terjadi hanya karena mengonsumsi makanan berlemak dan berlebihan. Nayatanya kurang tidur menjadi salah satu faktor penyebab obesitas atau kelebihan berat badan. Kurang tidur dapat menyebabkan perubahan dan gangguan fungsi hormon yang mengatur nafsu makan. Hal ini kemudian membuat Anda mudah lapar sehingga makan lebih banyak dari biasanya. Kemudian begadang juga dapat membuat hasrat untuk mengunyah sesuatu atau ngemil lebih meningkat. Hal itulah yang membuat terjadinya obesitas.

 

 

Penulis : Augesti