SMSI

SMSI
Redaksi
Selasa, 02 Maret 2021, 06:04 WIB
Last Updated 2021-12-21T16:06:37Z
Ekonomi

Kemenkeu Sehat, untuk Melayani Masyarakat

Jakarta – Selama pandemi berlangsung, Kementerian Keuangan (Kemenkeu) mengalami duka yang mendalam karena telah kehilangan 62 pegawai bertalenta akibat virus Covid-19. Hingga Februari 2021, terdapat 797 kasus aktif pegawai Kemenkeu yang tengah berjuang untuk sembuh dari virus ini. Dari 797 kasus aktif ini, 313 berasal dari pegawai Kemenkeu di DKI Jakarta. Sejak terjadi pandemi covid-19, total pegawai Kemenkeu yang terpapar mencapai 3.043 orang dan sebanyak 2.184 pegawai yang telah sembuh dari serangan virus covid-19.




Dalam menghadapi pertarungan dengan covid-19, Kemenkeu tetap menjalankan amanat bangsa untuk menjadi pelayan publik pada segala urusan pemerintahan di bidang keuangan negara seperti perpajakan maupun kepabeanan dan cukai. Sebagai bentuk perlindungan bagi pegawai Kemenkeu yang melakukan pelayanan publik, Kemenkeu menjalankan program vaksinasi sesuai anjuran pemerintah.


Program vaksinasi akan dilakukan dalam 2 tahap sesuai ketersediaan vaksin untuk 27.627 pegawai yang bekerja di DKI Jakarta, tahap I diselenggarakan tanggal 1-5 Maret 2021 dan tahap II diselenggarakan awal April 2021. Program vaksinasi tahap pertama diprioritaskan untuk semua pegawai yang bertugas di kantor layanan dan kantor wilayah, kantor pusat Direktorat Jenderal Bea dan Cukai, kantor pusat Direktorat Jenderal Kekayaan Negara, kantor pusat Direktorat Jenderal Perbendaharaan dan kantor pusat Direktorat Jenderal Pajak.


Selain untuk perlindungan bagi pegawai, program vaksinasi ini menjadi ikhtiar Kemenkeu dalam mempercepat berakhirnya pandemi termasuk dengan menjalankan 3T (test, tracing dan treat). Pegawai Kemenkeu siap divaksin dan tetap mematuhi protokol kesehatan 3M (memakai masker, jaga jarak dan cuci tangan). Diharapkan dengan semakin sehatnya seluruh pegawai Kemenkeu dari Covid-19, pelayanan kepada masyarakat dapat terus meningkat.