DPM

DPM

Polres

Polres

Balon Golkar

Balon Golkar
Redaksi
Senin, 01 Maret 2021, 16:26 WIB
Last Updated 2021-12-21T16:06:37Z
Lifestyle

Mual dan Pusing Saat Melihat Darah? Ini Penjelasannya

Ilustrasi



Ketika ditanya saat kecil bercita-cita jadi apa, tak sedikit yang menjawab ingin menjadi dokter. Namun bagi kamu phobia darah dikenal dengan istilah hemophobia atau hematophobia sepertinya mengurungkan niatnya menjadi dokter yang tentu banyak berinteraksi langsung dengan darah.



Lalu apa penyebab seseorang bisa menjadi begitu sangat takut melihat darah dan apakah bisa disembuhkan?



Phobia darah termasuk jenis phobia spesifik yang ditandai dengan rasa takut atau cemas luar biasa ketika melihat darah, baik darah mereka sendiri, orang lain, binatang, dan bahkan darah dalam bentuk gambar atau tayangan di televisi. Jika kondisi phobia yang diderita cukup parah, orang dengan hemophobia bisa pingsan saat melihat darah.



Ada beberapa tanda yang terlihat sebelum seseorang akan pingsan. Kulit mereka akan terlihat pucat, penglihatan menjadi kabur, dan ia juga akan merasa pusing. Menurut mayo clinic, gejala lainnnya adalah keringat dingin, penglihatan yang terganggu, dan juga rasa panas.



Biasanya orang yang terkena phobia darah dari factor keturunan, atau trauma psikologi akibat kecelakaan atau melihat kecelakaan yang menyebabkan keluar banyak darah. Selain itu phobia ini tak jarang muncul bersamaan dengan phobia lain, seperti agoraphobia, trypanophobia (takut jarum suntik), mysophobia (takut kuman), dan phobia hewan tertentu. Semua phobia sebenarnya bisa disembuhkan begitu juga dengan hemophobia.



Anda dianjurkan untuk segera memeriksakan diri ke psikolog atau psikiater jika mulai merasakan gejala phobia darah, terlebih jika gejala tersebut mulai membatasi aktivitas anda.



Penulis : Augesti Giovani