Demokrat

Demokrat

Domian

Domian

Wahyu Sagala

Wahyu Sagala
Redaksi
Jumat, 05 Maret 2021, 14:28 WIB
Last Updated 2021-12-21T16:06:32Z
Hukum & Kriminal

Polda Jabar Tangkap Ratusan Tersangka Curanmor

BANDUNG - Polda Jawa Barat berhasil menangkap ratusan tersangka Pencurian Kendaraan Motor (Curanmor), dalam rangka operasi JARAN 2021 yang dilakukan selama dua pekan, yakni pada 22 Februari hingga 3 Maret. Dalam pengungkapan kasus curanmor tersebut, pihak kepolisian juga turut berhasil menyita barang bukti berupa puluhan kendaraan roda dua (R2) dan roda empat (R4).

Kabidhumas Polda Jawa Barat Kombes Pol Erdi A Chaniago, dalam keterangannya mengatakan jika dalam operasi ini ditargetkan menangkap pelaku pencurian kendaraan bermotor dan penadah hasil kejahatan curanmor.

“Tersangka yang kita tangkap, sebanyak 249 tersangka terdiri dari 37 tersangka yang merupakan target operasi dan sisanya 212 adalah tersangka non target operasi. Dan barang bukti kita amankan sebanyak 342 unit kendaraan, terdiri dari R2 322 unit, R4 19 unit serta R6 satu unit,” ujar Erdi seperti yang dikutip dalam media sosial Istagram resmi @humaspoda.jabar. 

Adapun modus operandi yang dilakukan oleh para terangka ialah menggunakan kunci T (astag) untuk membobol kunci jendela atau rumah serta ada juga modus dengan metode perampasan dengan menggunakan senjata tajam dan senjata api. 

Menurut Erdi, para pelaku melakukan aksinya pada dini hari mulai pukul 00.00 WIB hingga 06.00 WIB serta target sasaran adalah rumah kontrakan, pinggir jalan raya dan tempat parkir fasilitas umum. “Kepada para tersangka dijerat dengan Pasal 363 KUHP dengan ancaman 7 tahun penjara, Pasal 365 KUHP dengan ancaman 9 tahun, dan Pasal 480 KUHP untuk para penadah dengan ancaman penjara 4 tahun,” terangnya. 

Tidak hanya itu, Erdi juga mengimbau kepada masyarakat yang merasa kehilangan kendaraan agar dipersilahkan datang ke kantor polisi setempat. “Kami akan membantu masyarakat yang kehilangan kendaraannya, tentunya dengan membawa bukti-bukti kepemilikan,” terangnya. Selain itu, Erdi menyampaikan dibandingan dengan tahun 2020, hasil operasi JARAN 2021 ini mengalami peningkatan khususnya di wilayah Polres Bogor yang mana paling banyak dalam jumlah LP (Laporan Kepolisian).