Demokrat

Demokrat

Domian

Domian

Wahyu Sagala

Wahyu Sagala
Redaksi
Senin, 08 Maret 2021, 14:35 WIB
Last Updated 2021-12-21T16:06:31Z
Kesehatan

Wow.. Begini Ciri-Ciri Usus Kotor Dan Cara Mengatasinya

Ilustrasi

Usus mempunyai peranan penting dalam sistem pencernaan manusia. Usus bertugas untuk mengolah makanan yang kita konsumsi setiap harinya. Usus merupakan organ yang langsung mengolah makanan kita secara langsung dan juga menyalurkannya ke dalam organ tubuh lainnya. Tentunya, usus kita harus tetap kita jaga karena hal ini dapat menyebabkan penyumbatan lainnya yang akan menimbulkan gejala penyakit yang lebih berbahaya.

Usus bisa menjadi kotor karena makanan dan minuman yang dikonsumsi setiap hari. Setiap makanan dan minuman tersebut memang akan dicerna di dalam perut anda, tetapi sebagian dari sisanya menumpuk menjadi sampah dan bisa membahayakan kesehatan.

Disini usus tidak mengeluarkan semua sisa-sisa makanan dalam bentuk tinja, namun sisa-sisa tersebut akan mengendap di dalam usus dan akan menjadi racun yang bercampur dengan makanan yang kamu konsumsi pada sistem pencernaan sedang berlangsung.

Jadi, bagaimana cara mengenali usus yang kotor dan bagaimana cara membersihkan usus yang benar? Yuk, simak ulasannya berikut ini!

Ciri-ciri Usus Kotor


1. Susah BAB

Frekuensi BAB memang berbeda-beda tergantung masing-masing individu. Namun jika anda mengalami susah BAB sudah lebih dari tiga hari, maka itu tandanya ususmu tengah dipenuhi dengan sisa-sisa makanan.  Makanan yang tidak sehat, stres, serta sering mengonsumsi obat-obatan dapat mengakibatkan usus tidak memproduksi banyak lendir.

Padahal, lendir ini memiliki fungsi untuk melancarkan saluran di dalam usus, dan sampah-sampah makan tersebut mudah dikeluarkan dari perut.


2. Bau Mulut

Bau mulut yang tak sedap menjadi tanda paling umum terjadi apabila usus dalam keadaan kotor. Hal ini disebabkan oleh kondisi usus yang kotor akibat adanya berbagai sisa makanan yang bisa menghasilkan gas dalam perut. Gas tersebut berbau tidak sedap dan naik ke atas sehingga menyebabkan bau mulut.


3. Gampang Merasa Lelah

Racun akibat sisa-sisa makanan yang membuat usus kotor, dapat masuk ke dalam darah melalui saluran limfa. Kondisi ini mengakibatkan kamu menjadi mudah lelah, dan sistem kekebalan tubuh menurun.


4. Perut Kembung

Sering mengalami perut kembung? Ini pertanda bahwa anda memiliki usus yang terganggu. Kotoran yang menempel pada usus tentu dapat menimbulkan gejala lain yang bereaksi dengan udara di dalam usus.


CARA MEMBERSIHKAN USUS YANG KOTOR

Secara medis, membersihkan usus yang kotor sebenarnya tidak diperlukan kecuali jika memang Anda menderita penyakit tertentu. Sebab, usus manusia sudah memiliki suatu mekanisme tersendiri untuk membersihkan berbagai kotoran yang mampir ke dalamnya.

Namun jika tidak nyaman dengan ciri-ciri yang disebutkan di atas, ada beberapa cara membersihkan usus kotor secara alami yang bisa Anda coba, yaitu:

  1. Perbanyak minum air putih setidaknya 8 gelas sehari. 
  2. Lakukan detoksifikasi dengan setidaknya sekali seminggu dengan cara puasa makanan padat. Jadi, kamu hanya boleh minum air, jus, serta sayur dan buah yang dikonsumsi mentah dalam kondisi segar.
  3. Konsumsi buah yang kaya serat dan membantu proses pembuangan racun di dalam tubuh. Seperti buah apel, alpukat, aneka buah beri, lemon, sayuran hijau, hingga umbi jahe.
  4. Konsumsi makanan dan minuman fermentasi dengan kandungan bakteri baik untuk pencernaan. Sebut saja seperti yogurt, kimchi, minuman prebiotik, dan lain-lain.
  5. Hindari terlalu banyak makanan berlemak dan makanan yang digoreng.
  6. Hindari stres.
  7. Olahraga secara rutin, setidaknya 30 menit sehari yang minimal dilakukan 3 kali dalam seminggu.

Penulis : Augesti Giovani