Domian

Domian

Wahyu Sagala

Wahyu Sagala
Senin, 27 Desember 2021, 14:30 WIB
Last Updated 2021-12-27T07:36:01Z
Daerah

Wisata Pantai Pasir Putih Parbaba Mendadak di Bersihkan

Foto : Pegawai Dinas Pariwisata terlihat membersihan sampah dilokasi Wisata Pantai Pasir Putih Parbaba.


Samosir - nduma.id

Objek Wisata Pantai Pasir Putih Parbaba di Kecamatan Pangururan, Kabupaten Samosir, Sumatera Utara mendadak di bersihkan.

Minggu malam 26 Desember 2021, Dinas Pariwisata bersama Dinas Lingkungan Hidup dan Pertamanan Kabupaten Samosir, didampingi Camat Pangururan serta Kades Hutabolon, mengajak warga pelaku usaha wisata di Pantai Pasir Putih Parbaba bersih-bersih.

Pembersihan dimulai sekitar pukul 19.30 WIB hingga pukul  21.00 WIB malam.

Sampah dan material kayu yang berserakan di angkut,

berikut saluran drainase yang mengalir ke Danau Toba.

Aksi bersih bersih Pantai Pasir Putih ini berlanjut pada Senin 27 Desember 2021.

Kadis Pariwisata Kabupaten Samosir Dumosch Pandiangan menjelaskan, secara umum pelaku usaha pariwisata di lokasi objek wisata Pantai Pasir Putih Parbaba sudah sadar pentingnya kebersihan untuk meningkatkan kenyamanan pengunjung.

" Setiap pagi para pelaku usaha wisata di lokasi ini bergotong royong membersihkan lingkungan lokasi pantai," jelasnya.

Dikatakan pembersihan kawasan Pasir Putih dilakukan secara bersamaan setelah seluruh pengunjung meninggalkan lokasi wisata pantai.

"Pelaku usaha belum bisa secara cepat membersihkan seluruh sampah yang ditinggalkan oleh pengunjung. Sehingga pembersihannya dilakukan di esok pagi hari," tambahnya.

Disinggung terkait langkah-langkah yang sudah ditempuh Dinas Pariwisata untuk meningkatkan kenyamanan wisatawan, Dumosch mengatakan selalu melakukan pertemuan pembinaan kepada seluruh pelaku usaha wisata di lokasi pantai tersebut.

Dumosch juga menjelaskan, pernah mengarahkan kegiatan Rebound Destinasi Super Prioritas Danau Toba ke kawasan Pasir Putih Parbaba yang diselenggarakan oleh Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif.

Kegiatan itu berupa pembagian alat-alat kebersihan kepada para pelaku usaha wisata, dengan harapan seluruh pelaku usaha wisata di Pantai Pasir Putih Parbaba melakukan pelaksanaan pembersihan sampah di kawasan Pantai Pasir Putih Parbaba. 

"Kami juga telah merencanakan pembangunan gapura di pintu masuk objek wisata Pasir Putih Parbaba pada tahun 2022," jelas Dumosch.

Sebelumnya pada Minggu 26 Desember 2021, lokasi wisata Pantai Pasir Putih Parbaba di beritakan terkesan jorok.

Pasca pemberitaan itu, Bupati Samosir Vandiko T. Gultom langsung memerintahkan Kepala Dinas Pariwisata, Kepala Dinas LHKP dan Camat agar turun ke Pasir Putih Parbaba melihat dan mengatasi permasalahan.

Kepala Dinas Pariwisata bersama 4 orang Pegawai langsung memfasilitasi pembersihan pada bagian objek yang masih ada sampah. 

Material papan yang menumpuk di lokasi wisata dipindahkan ke tempat lain oleh pemilik.

Selanjutnya,Camat Pangururan Bresman Simbolon mengkoordinir Pemerintah Desa Hutabolon  terkait saluran air.

Pemerintah Desa Hutabolon bergotong royong membersihkan saluran drainase yang merupakan aset Pemerintah Desa Hutabolon. 

Terkait fasilitas kebersihan, Kepala Dinas Lingkungan Hidup, Kebersihan dan Pertamanan Kabupaten Samosir, Sudion Tamba mengatakan telah tersedia container untuk menampung sampah di Pasir Putih Parbaba. (nd3)