SMSI

SMSI
Rabu, 12 Januari 2022, 23:45 WIB
Last Updated 2022-01-12T17:20:39Z
Daerah

Bupati Dairi Bahas Sekolah SMK Kopi

 

Foto : Bupati Dairi Dr. Eddy Keleng Ate Berutu membahas rencana pendirian sekolah SMK Kopi di Kabupaten Dairi, Sumatera Utara.
DAIRI – nduma.id

Bupati Dairi Dr. Eddy Keleng Ate Berutu membahas rencana pendirian sekolah SMK Kopi di Kabupaten Dairi, Sumatera Utara.

Rencana ini dibahas saat menerima kunjungan Ketua Badan Pengurus Yayasan Pendidikan Parulian Medan, Sopar Siburian dan Staf Ahli Yayasan Pendidikan Parulian Medan Agus Marwan, Jumat (7/1/2021) di ruang kerja Bupati.

Kunjungan tersebut dilakukan dalam rangka menyampaikan serta menerima saran dan masukan terkait dengan rencan pendirian sekolah SMK Kopi di Kabupaten Dairi

Dalam pertemuan itu, Bupati mengatakan Pemerintah Kabupaten Dairi sangat mendukung program dari Yayasan Pendidikan Parulian Medan yang merencanakan akan mendirikan sekolah kopi di Kabupaten Dairi.

Pendirian sekolah diutarakan salah satu program yang tertuang dalam RPJMD Kabupaten Dairi, khususnya terkait dengan pengembangan Kopi Sidikalang.

Dalam RPJMD Kabupaten Dairi, penanaman 5 juta batang kopi diprogramkan dalam rangka mengembalikan kejayaan Kopi Sidikalang, dan sudah tertanam sebanyak 1.800.000 batang kopi di beberapa daerah.

“Saya telah bertekad akan mewujudkan RPJMD menuju era digitalisasi. Kami juga telah menerapkan teknologi pertanian modern (smart farming) untuk budidaya kopi, yakni dengan berbasi internet of things (IOT),” ucap Bupati.

Dengan berbagai langkah yang telah dilakukan, keyakinan masyarakat terhadap pengembangan Kopi Sidikalang dinilai mulai tumbuh.

Selain terhadap pengembangan Kopi Sidikalang, Bupati Eddy Berutu juga menyampaikan, Pemerintah Kabupaten Dairi melakukan pelatihan kepada para UMKM yang ada di Kabupaten Dairi melalui program inkubasi bisnis melalui kerjasama dengan PT. Bank Mestika, dimana para UMKM tersebut diberikan ilmu dan pengetahuan bagaimana cara mengembangkan usahanya.

Sopar Siburian mengakui potensi anak-anak di Kabupaten Dairi luar biasa, namun belum ada klister untuk sekolah seperti halnya sekolah kopi.

Kejayaan kopi Sidikalang, medorong pihaknya untuk mendirikan sekolah kopi di Kabupaten Dairi.

Agus Marwan mengatakan pihaknya telah melakukan konsultasi serta koordinasi dengan Asosiasi Ekspor Kopi Indonesia (AEKI) Sumatera Utara terkait rencana pendirian sekolah kopi.

“Sekolah kopi ini nantinya diharapkan akan menjadi ikon baru di Kabupaten Dairi. Oleh karena itu, kami harapkan perlu adanya sinergitas dari pemerintah agar pendirian sekolah dimaksud dapat berjalan dengan baik,” ucapnya.

Hadir dalam pertemuan tersebut, Kepala Bappeda Charles Bancin, Kepala Dinas Penanaman Modal Pelayanan Perijinan Terpadu Satu Pintu Oloan Hasugian, Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika Ariyanto Tinambunan dan Kepala Dinas Pendidikan Fatimah Boang Manalu. (nd1)