DPM

DPM

Polres

Polres

Balon Golkar

Balon Golkar
Sabtu, 05 Maret 2022, 20:59 WIB
Last Updated 2022-03-05T13:59:37Z
Daerah

Bunda Paud Se-kecamatan Silima Pungga-pungga di Kukuhkan

Ketua Tim Penggerak PKK Kabupaten Dairi Romy Mariani Eddy Berutu di pelantikan PKK dan Bunda Paud Kecamatan Silima Pungga-pungga. (Foto/Istimewa)

DAIRI, Silima Pungga Pungga – nduma.id

Ketua Tim Penggerak PKK Kabupaten Dairi Romy Mariani Eddy Berutu menghadiri pelantikan PKK dan Bunda Paud Desa serta Pokja Bunda Paud Desa se-Kecamatan Silima Pungga Pungga, Rabu (23/2/2022) di aula Kantor Camat Silima Pungga Pungga.

Turut hadir dalam kegiatan tersebut Camat Silima Pungga Pungga Horas Pardede, Unsur Forkopimca Silima Pungga-pungga dan ketua tim penggerak PKK Kecamatan Silima Pungga Pungga Yanti Horas Pardede, Ketua Tim Penggerak PKK Kabupaten Dairi dalam sambutannya mengatakan PKK adalah mitra pemerintah, yang sudah diatur dalam Permendagri nomor 5 tahun 2007.

Dalam peraturan tersebut, PKK dikatakan sebagai gerakan nasional pembangunan masyarakat yang tumbuh dari masyarakat yang pengelolaannya dari dan oleh masyarakat.

“PKK itu suatu gerakan yang sangat penting, karena untuk mensejahterakan masyarakat. Apabila seluruh keluarga mempunyai ketahanan keluarga yang mandiri baik itu secara ekonomi, maka keluarga tersebut adalah keluarga sejahtera,” kata Romy.

Oleh karena itu dukungan dari Kepala Desa melalui anggaran dana desa sangat diperlukan untuk menjalankan program PKK dan Paud di setiap desa. Selanjutnya, kepada Bunda Paud Desa yang telah di kukuhkan, Romy Mariani utarakan perannya sangat diperlukan.

Anak-anak di usia 0-6 tahun merupakan masa emas dalam pertumbuhannya, sehingga peran dari Paud sangat dibutuhkan untuk mendidik anak-anak tersebut. Untuk Kecamatan Silima Pungga Pungga, ada 7 desa yang belum mendirikan paud desa, oleh karena itu diharapkan tahun 2022 ini paud di desa tersebut sudah berdiri.

“Paud Kabupaten Dairi sedang mengembangkan Paud Holistik Integratif dimana anak-anak tidak hanya diajarkan untuk membaca dan menulis, namun akan lebih dikembangkan lagi wawasannya. Peran dari Bunda Paud kembali sangat dibutuhkan untuk mensosialisasikan kepada masyarakat agar mau mendaftarkan anak-anaknya ke Paud,” jelas Romy.

Camat Silima Pungga-Pungga mengatakan jabatan yang sudah di dapatkan oleh ketua PKK dan Bunda Paud Desa adalah amanah karena bertugas untuk mensejahterakan keluarga serta harus menjadi pelopor di desa masing-masing.

Seperti halnya Bunda Paud Desa, disampaikan Horas Pardede juga berperan untuk menghasilkan sumber daya manusia yang unggul yang diharapkan menjadi pemimpin di masa yang akan datang.

“Tetap semangat kepada ibu-ibu yang sudah dilantik dengan harapan adanya perubahan sumber daya manusia yang unggul. Tidak semua orang bisa menjadi Ketua PKK Desa maupun Bunda Paud Desa. Kepada para Kepala Desa, mari dukung program-program PKK dan Bunda Paud Desa sehingga terwujud perubahan yang signifikan khususnya di Kecamatan Silima Pungga Pungga ini,” harap Camat. (**)