Halim Lumban Batu

Halim Lumban Batu

Wahyu Sagala

Wahyu Sagala

Pemko Siantar

Pemko Siantar
Rabu, 23 Maret 2022, 19:30 WIB
Last Updated 2022-06-18T12:33:06Z
DaerahPakpak Bharat

Ketua DPRD Musrenbang RKPD Kabupaten Pakpak Bharat Tahun 2023

Ketua DPRD memberikan sambutan di Musrenbang RKPD Kabupaten Pakpak Bharat Tahun 2023. (Foto/Istimewa)

PAKPAK BHARAT, STTU Julu – nduma.id


Musrenbang RKPD Kabupaten Pakpak Bharat Tahun 2023 digelar di Bale Mertumpu Balai Diklat Cikaok Kecamatan Sitellu Tali Urang Julu. Acara digelar  2 hari 23 dan 24 Maret 2022.


Sebagai unsur penyelenggara pemerintahan di daerah Ketua DPRD Kabupaten Pakpak Bharat Hotma Ramles Tumangger hadir pada acara Pembukaan Musrenbang RKPD Kabupaten Pakpak Bharat Tahun 2023.


Dalam sambutannya, Hotma Ramles Tumangger mengapresiasi dan mengucapkan terima kasih kepada Presiden Republik Indonesia, Gubernur Sumatera Utara, Bupati Pakpak Bharat, Bupati Humbang Hasundutan serta semua pihak yang telah mengupayakan akan dibangunnya jalan penghubung Kabupaten Pakpak Bharat dengan Kabupaten Humbang Hasundutan melalui Delleng Simpon.


"Sebagaimana kita ketahui bersama bahwa di tahun 2022 ini akan dibangun jalan penghubung Kabupaten Pakpak Bharat dengan Kabupaten Humbang Hasundutan melalui Delleng Simpon. Apresiasi dan terima kasih yang sebesar-besarnya kepada Presiden Republik Indonesia, Gubernur Sumatera Utara, Bupati Pakpak Bharat maupun Bupati Humbang Hasundutan serta semua pihak yang telah mengupayakan dan mendukung aspirasi ini sehingga dapat dianggarkan di APBD Provinsi Sumatera Utara dan dilaksanakan di tahun 2022 ini,” kata Ramles Tumangger


Aspirasi ini sudah lama di tunggu-tunggu dan sangat di idam-idamkan, karena akan membuka keterisolasian dan memperlancar arus lalu lintas maupun arus ekonomi yang berdampak kepada peningkatan ekonomi kedua kabupaten khususnya Kabupaten Pakpak Bharat.


Dia memberikan poin-poin penting yang menjadi penekanan penting dalam pelaksanaan Musrenbang RKPD.


"Pelaksanaan Musrenbang RKPD Kabupaten Pakpak Bharat Tahun 2023 yang dihadiri oleh para pemangku kepentingan bertujuan untuk membahas rancangan RKPD Kabupaten Pakpak Bharat Tahun 2023 dalam rangka menyepakati permasalahan pembangunan daerah, menyepakati prioritas pembangunan daerah, menyepakati program dan kegiatan, penyelarasan program dan kegiatan pembangunan daerah serta klarifikasi program dan kegiatan yang merupakan kewenangan daerah kabupaten dengan program dan kegiatan desa yang diusulkan berdasarkan hasil musrenbang kecamatan." kata Hotma Ramles Tumangger lagi.


Melalui Musrenbang dia berharap agar terjalin komunikasi yang lebih intensif dalam membahas dan merumuskan berbagai kebijakan strategis serta program prioritas untuk menentukan arah pembangunan Kabupaten Pakpak Bharat untuk tahun 2023.


“Melalui Musrenbang ini, semoga dapat mewujudkan kesamaan pandang dan pemahaman terkait kebijakan dan prioritas pembangunan serta menjadi komitmen bersama dalam mengimplementasikan perencanaan pembangunan.,” sebutnya.


“Semoga RKPD yang kita susun dapat menjawab permasalahan yang terjadi di tengah-tengah masyarakat termasuk pokok-pokok pikiran DPRD yang merupakan permasalahan pembangunan daerah yang diperoleh berdasarkan risalah rapat dengar pendapat dan/atau rapat hasil penyerapan aspirasi melalui reses." Tungkasnya lagi.


Menutup kata sambutannya, Hotma Ramles Tumangger menyampaikan agar apa yang direncanakan dan dikerjakan saat ini dapat terlaksana dengan baik dan diridhoi oleh Tuhan Yang Maha Esa demi terwujudnya Kabupaten Pakpak Bharat yang maju, berdaya saing, berkeadilan dan sejahtera melalui peningkatan perekonomian dan sumber daya manusia berlandaskan kebudayaan dan pemberdayaan masyarakat.


Hadir pada acara pembukaan Musrenbang RKPD Kabupaten Pakpak Bharat Tahun 2023, Bupati Pakpak Bharat Franc Bernhard Tumanggor, Wakil Bupati Pakpak Bharat Mutsyuhito Solin, Dr., M. Pd, Ketua DPRD Kabupaten Pakpak Bharat Hotma Ramles Tumangger, Kapolres Pakpak Bharat AKBP Rocky H. Marpaung SIK, MH, dan perwakilan Forkopimda lainnya serta para Pimpinan OPD beserta jajarannya.


Hadir juga Deputi Bidang Perencanaan Pembangunan Nasional Kementerian Dalam Negeri Scenaider Clasen Hasudungan (via zoom dari Kantor Kementerian Dalam Negeri, Jakarta), mewakili Gubernur Sumatera Utara Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Provinsi Sumatera Utara Ir. Halen Purba, MM,  Bupati Aceh Singkil Dulmusrid, Sekretaris Daerah Kota Subulussalam Ir. Taufit Hidayat, MM. (red).