Demokrat

Demokrat

Domian

Domian

Wahyu Sagala

Wahyu Sagala
Rabu, 09 Maret 2022, 14:07 WIB
Last Updated 2022-03-09T07:17:33Z
Nasional

SMSI Pusat Apresiasi Polri Kerja Cepat Tangkap Penganiaya Wartawan di Madina


Petugas Polisi saat menangkap pelaku penganiaya wartawan di Madina. (Foto/Istimewa)

JAKARTA – nduma.id

Pelaku penganiayaan Ketua Mandataris SMSI Kabupaten Mandailing Natal (Madina) Jeffry Barata Lubis sudah di tangkap.

Anggota Satuan Reserse Kriminal Polres Mandailing Natal (Madina) di-back up unit Jatanras Polda Sumut menangkap pelaku di wilayah Kabupaten Padang Lawas Utara pada Senin 7 Maret 2022 lalu.

Ketua Umum Serikat Media Siber Indonesia (SMSI) Pusat Firdaus mengapresiasi Kapolri, Kapolda Sumtera Utara, dan Kapolres Madina yang telah bekerja cepat.

"Kita mengapresiasi seluruh jajaran Polri mulai dari Kapolri, Kapolda Sumatera Utara, hingga Kapolres Madina yang telah memberi perhatian atas penganiayaan wartawan ini. Sehingga jajaran kepolisian bisa segera menangkap para tersangka pelakunya," kata Firdaus dalam siaran pers di JakartaSelasa ( 8/3/2022).

Dia didampingi Ketua Bidang hukum, Arbitrase dan Legislasi SMSI Pusat Makali Kumar SH. SMSI berharap proses hukum bisa berjalan sesuai dengan aturan yang berlaku di Indonesia.

"Para pelakunya harus mempertanggungjawabkan perbuatannya. Yaitu dengan menghadapi proses hukum atas kekerasan terhadap jurnalis. Di mana dalam bekerja, para jurnalis berada dalam perlindungan undang-undang," ujar Firdaus.

Ketua SMSI Pusat, Firdaus juga berharap jajaran Polri mulai dari Mabes, Polda Sumut, hingga Polres Madina, tidak berhenti sampai di sini.

"Sebab patut kita duga, bahwa penganiayaan itu tidak berdiri sendiri. Besar kemungkinan, ada latar belakangnya," sebut Firdaus.

Dari pengakuan sebelum terjadi perlakuan kekerasan, korban berkomunikasi lewat cellularnya terkait pemberitaan tambang emas liar di Madina, yang pemiliknya masih bebas, padahal sudah menjadi tersangka.

Firdaus sendiri telah menugaskan secara khusus Bidang Hukum Arbitrase dan Legislasi SMSI Pusat untuk ikut monitor, dan membantu advokasi dalam kasus penganiayaan Ketua SMSI Madina tersebut sampai tuntas.

Peristiwa kekerasan terhadap Ketua Mandataris SMSI Mandailing Natal (Madina), Jeffry Barata Lubis, terjadi pada Hari Jumat malam 4 Maret 2022 lalu. Kuat dugaan, pelakunya adalah sekelompok oknum dari kalangan OKP setempat.

Kejadian tersebut terjadi sekitar pukul 20.30 WIB, di Lopo Mandailing Coffe SPBU Aek Galoga, Madina.

Akibat kekerasan tersebut, Jeffry mengalami luka memar di bagian wajah sebelah kanan. Dan peristiwa ini pun telah dalam penanganan Polres Madina. (nd1)