DPM

DPM

Polres

Polres

Balon Golkar

Balon Golkar
Minggu, 06 Maret 2022, 12:29 WIB
Last Updated 2022-03-06T05:29:07Z
Daerah

Tanaman Sawit Rakyat di Pagindar Diremajakan


Bupati Pakpak Bharat menanam sawit saat berkunjung ke Desa Napatalun Perlambuken dalam rangkaian kunjungan kerjanya di Kecamatan Pagindar. (Foto/Istimewa)

PAKPAK BHARAT, Pagindar - nduma.id

Tanaman sawit di Kecamatan Pagindar siap diremajakan dan ditanam ulang. Ini dikatakan Bupati Pakpak Bharat saat berkunjung ke Desa Napatalun Perlambuken dalam rangkaian kunjungan kerjanya di Kecamatan Pagindar Selasa (01/03/2022).

“Dalam tahap awal di Desa ini sudah siap kita remajakan sekitar  99,345 hektar dengan kondisi lahan sudah siap ditanam ulang atau sering kita dengar dengan istilah replanting, ini merupakan bagian dari target 500 hektar lahan Perkebunan Sawit Rakyat yang akan kita remajakan di seluruh wilayah Pagindar ini,” ungkap Maringan Bancin, Ketua Tim Peremajaan Sawit Rakyat (PSR) di Napatalun Perlambuken.

Bupati Pakpak Bharat, Franc Bernhard Tumanggor bersama istri turut serta menanam tanaman sawit dilahan di Desa ini.

“Program peremajan sawit ini merupakan salah satu program strategis kita dalam upaya meningkatkan produktifitas tanaman sawit, dengan menjaga luasan lahan kita berusaha meningkatkan produktivitas tanaman sawit, program ini merupakan upaya dalam mengembangkan perkebunan rakyat dengan melakukan penggantian tanaman sawit yang lama dan tua serta tidak lagi produktif dengan tanaman baru yang lebih bagus, berkualitas dan kelak akan lebih produktif,” urai Bupati.

Bupati juga berharap agar masyarakat pemilik kebun sawit memiliki usaha sampingan lain dalam menunjang perekonomian mereka.

“Jadi usia sawit inikan lama sekali, bisa sampai dua puluh lima tahun lebih, cobalah untuk menanami tanaman lain misalnya serai wangi di sela tanaman sawit ini yang tentunya dapat menambah penghasilan keluarga kita, bahwa apapun yang kita usahakan hari ini pada intinya adalah kesejahteraan rakyat, mari kita bekerja keras, bahu membahu antara Pemerintah dengan masyarakat sehingga nscaya kininduma yang kita idam-idamkan dapat kita capai,” ajak Bupati.

Sementara itu Ketua Kelompok Tani Kerabaren, Berman Angkat berpendapat bahwa apa yang dilakukan Pemerintah di Desa ini merupakan langkah yang sangat tepat.

“Bahwa apa yang telah kita saksikan dan kita laksanakan hari ini menurut  hemat saya sungguh suatu langkah maju yang sangat baik bagi kita semua, meremajakan tanaman sawit bukanlah perkara mudah, butuh banyak tenaga dan utamanya biaya banyak, hari ini telah kita lihat bersama Pemerintah menjawab salah satu permasalahan yang selama ini merisaukan kita, patut kita syukuri dan semoga kedepannya Pemerintah, bapak Bupati dan seluruh jajaran kiranya selalu dalam keadaan sehat memimpin kita,” ungkap Berman Angkat bangga. (**).