Iklan Header

Senin, 25 April 2022, 19:17 WIB
Last Updated 2022-04-25T15:35:23Z
Daerah

Kantor SAR Medan Siagakan 149 Personil Sambut Idul Fitri 1443 H

Kepala Kantor SAR Medan, Toto Mulyono membacakan amanat kepala Badan Pencarian dan Pertolongan. (Foto/Basarnas).

Medan - nduma.id

Kepala Kantor SAR Medan, Toto Mulyono memimpin apel siaga SAR Khusus Lebaran Idul Fitri Tahun 2022, di lapangan utama kantor SAR Medan.

Toto membacakan sambutan dari Kepala Badan Nasional Pencarian dan Pertolongan (Basarnas).

"Untuk mendukung pelaksanaan angkutan lebaran, Basarnas akan melaksanakan siaga SAR Khusus dalam rangka mengantisipasi kondisi darurat kecelakaan transportasi secara profesional dan bersinergi dengan kementerian Perhubungan, Korlantas Polri, BMKG, Pemerintah setempat, pengelola jalan Tol, RS Rujukan dan Kementerian/Lembaga terkait untuk mewujudkan pelayanan SAR yang optimal kepada para pemudik, dengan prinsip Quick Responden SAR," tutur Toto dari depan, Senin (25/4/2022).

Tim siaga SAR Khusus, beserta alut dikatakan akan ditempatkan di lokasi-lokasi strategis dan rawan kecelakaan, seperti di pelabuhan, penyeberangan, jalan tol, bandar udara, terminal bis, serta daerah wisata.

Personil Kantor Pencarian dan Pertolongan Kota Medan. (Foto/Kansar Medan)

Disamping itu Basarnas juga menempatkan petugas siaga Liaison Officer (LO) di posko terpadu Kementerian Perhubungan.

Tahun ini, Kantor SAR Medan mengerahkan 149 personil terbagi atas Kantor SAR Medan sebagai posko induk, di RB 203 Belawan, KN SAR SANJAYA bertempat di dermaga TPI Panton Tanjung Balai Asahan, RB 301 Tanjung Balai Asahan, KN SAR 412 di Pelabuhan Ajibata Parapat, Pos SAR Tanjung Balai Asahan, dan Pos SAR Parapat Danau Toba.

"Sehingga dengan kekuatan personil dan alut yang sudah kita siapkan, maka Kantor SAR Medan siap dalam rangka mendukung pelaksanaan siaga SAR Khusus Lebaran Idul Fitri Tahun 2022 yang dilaksanakan H-7 hingga H+7 Lebaran." Ujar Toto. (red)