Halim Lumban Batu

Halim Lumban Batu

Wahyu Sagala

Wahyu Sagala

Pemko Siantar

Pemko Siantar
Kamis, 21 April 2022, 23:05 WIB
Last Updated 2022-04-24T16:07:52Z
Dairi

Pemkab Dairi Sosialisasi Peran Bunda Paud

Romy Mariani Eddy Berutu di dampingi Kepala Dinas Pendidikan Fatimah Boang Manalu sosialisasi peran Bunda Paud Kabupaten Dairi. (Foto/Kominfo Dairi)

DAIRI, Sidikalang – nduma.id

Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) Kabupaten Dairi sosialisasi peran Bunda Paud bagi Bunda PAUD dan Pokja Bunda PAUD kecamatan dan pengurus Pokja Bunda Paud Kabupaten Dairi, Kamis (21/4/2022) di Balai Budaya Sidikalang.

Sosialisasi dibuka Bunda Paud Kabupaten Dairi Romy Mariani Eddy Berutu di dampingi Kepala Dinas Pendidikan Fatimah Boang Manalu.

Bunda PAUD Kabupaten Dairi mengatakan masih banyak yang belum paham arti dan peran dari Bunda PAUD, oleh karena itu sosialisasi itu sangat diperlukan untuk pemahaman pentingnya PAUD dapat terwujud.

Hasil audiensi PAUD Dairi ke Dirjen Paud di Jakarta, diperoleh informasi hanya rata rata 30% anak-anak yang baru dapat menikmati Paud di seluruh Indonesia.

Hal itu karena masih banyak dari orangtua yang beranggapan bahwa pendidikan anak usia dini tidak penting karena dianggap belum pendidikan formal.

Selanjutnya disampaikan Romy Mariani, ketersediaan lembaga PAUD yang belum maksimal sehingga belum tergugah hati masyarakat untuk mendirikan lembaga paud termasuk peran dari para kepala desa.

“Ini yang menjadi tantangan bagi kita para Bunda Paud untuk mensosiasilasikan pentingnya PAUD hadir di tengah-tengah masyarakat. Ini juga peran kita sebagai kartini masa kini untuk memberikan peran kita terkait pentingnya PAUD untuk anak-anak,” ujarnya.

Untuk Kabupaten Dairi, dari data yang diperoleh Ia katakan masih ada 33 desa yang belum memiliki PAUD, sehingga tahun 2022 ditargetkan seluruh desa akan memiliki Paud terpenuhi mengingat Perda tentang PAUD akan diterbitkan oleh Pemerintah Kabupaten Dairi.

“Semoga apa yang akan kita perjuangkan di dengarkan oleh Tuhan sehingga apa yang telah kita rencanakan akan terwujud,” harap Romy Mariani.

Beberapa informasi terkait Paud Dairi diantaranya pada tahun 2020 terdapat 23 Paud yang sudah terakreditasi dan 2021 bertambah menjadi 43 lembaga.

Untuk jumlah tutor Paud tingkat S1 tahun 2021 sebanyak 143, untuk tingkat SMA sebanyak 299 tutor Paud.

PAUD Kabupaten Dairi memiliki program Paud Holistic Integratif (HI) dimana jumlah dampingan paud HI di tahun 2021 sebanyak 10 paud HI dan tahun 2022 akan tambah 10 paud HI.

“Banyak yang harus kita perbaiki dan tingkatkan, bukan hanya sumber daya manusia yang diperlukan, namun sumber dana juga diperlukan. Peran Bunda Paud dan Pokja Bunda Paud sangat penting untuk mencapai target yang telah direncanakan,” pungkas Romy dalam sambutannya.

Adapun yang menjadi narasumber dalam kegiatan tersebut adalah Wakil Ketua Pokja Bunda Paud Provinsi Sumatera Utara Aminah Yunus Rasyid serta dari BP PAUD dan Dikmas Provinsi Sumatera Utara Yusminta. (red)