SMSI

SMSI
Selasa, 17 Mei 2022, 06:39 WIB
Last Updated 2022-05-17T23:42:03Z
Dairi

Pemkab Dairi Peringati Hardiknas 2022

Bupati Dairi, Dr Eddy Keleng Ate Berutu di Hardiknas 2022. (Foto/Kominfo Dairi)

DAIRI, Pegagan Hilir – nduma.id

Peringatan Hari Pendidikan Nasional (Hardiknas) 2022 di Kabupaten Dairi dipusatkan di SMPN 1, Pegagan Hilir, Kecamatan Pegagan Hilir, Selasa (17/05/2022).

Diisi dengan berbagai kegiatan diantaranya, upacara bendera yang dipimpin oleh Bupati Dairi, Dr Eddy Keleng Ate Berutu, pemberian bantuan perlengkapan sekolah dari Bupati bagi peserta didik berprestasi, penampilan tari dari peserta didik.

Pidato Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi Nadiem Anwar Makarim, yang dibacakan Bupati Eddy Berutu menyampaikan, sejumlah perkembangan Merdeka Belajar yang kini tengah menginjak tahun ketiga.

Beberapa di antaranya adalah Kurikulum Merdeka yang kini sudah dijalankan ratusan ribu sekolah di seluruh Indonesia, penggantian ujian nasional menjadi asesmen nasional, serta terciptanya dana abadi kebudayaan untuk para pelaku budaya dan seniman.

“Kurikulum Merdeka, yang berawal dari upaya untuk membantu para guru dan murid di masa pandemi, terbukti mampu mengurangi dampak hilangnya pembelajaran. Kini Kurikulum Merdeka sudah diterapkan di lebih dari 140.000 satuan pendidikan di seluruh Indonesia. Itu berarti bahwa ratusan ribu anak Indonesia sudah belajar dengan cara yang jauh lebih menyenangkan dan memerdekakan,” ujar Bupati.

Ditambahkannya, anak didik juga tidak perlu lagi khawatir dengan tes kelulusan karena asesmen nasional yang sekarang di gunakan tidak bertujuan untuk “menghukum” guru atau murid, tetapi sebagai bahan refleksi agar guru terus terdorong untuk belajar; sehingga kepala sekolah termotivasi untuk meningkatkan kualitas sekolahnya menjadi lebih inklusif dan bebas dari ancaman tiga dosa besar pendidikan.

Peringatan Hardiknas berlangsung unik, para peserta upacara di halaman SMPN 1 Pegagan Hilir menggunakan pakaian adat dari berbagai daerah di Indonesia.

“Tahun ini kita membuktikan diri bahwa kita tidak lagi hanya menjadi pengikut, tetapi pemimpin dari gerakan pemulihan dunia. Kedepan, masih akan ada angin yang kencang dan ombak yang jauh lebih besar, serta rintangan yang jauh lebih tinggi. Dan kita akan terus memegang komando, memimpin pemulihan bersama, bergerak untuk Merdeka Belajar,” sebut Bupati.

Hadir dalam kegiatan, Kepala Dinas Pendidikan, Fatimah Boang Manalu, Kepala Dinas P3AP2KB, dr Nitawaty Sitohang, Camat Pegagan Hilir Abdimar Tamba, Kepala Sekolah SMPN 1 Pegagan Hilir, Jansen Nadeak, mewakiki tokoh masyarakat sekaligus Anggota DPRD Dairi, Jones Gurning, ketua TP PKK Kabupaten Romy Mariani Simarmata, Forkopimca Pegagan Hilir, Para guru, pengajar dan para peserta didik.

Diakhir kegiatan dilakukan penyerahan simbolis hibah tanah dari 3 warga di 3 desa, seperti, Desa Liang Jering, Desa Lae Haporas, dan desa Mbinanga.

Tanah hibah ini diharapkan bisa digunakan untuk pembangunan sekolah. (Kominfo Dairi).