SMSI

SMSI
Rabu, 18 Mei 2022, 19:36 WIB
Last Updated 2022-05-18T12:36:24Z
Dairi

PKL di Dairi Terima BLT

Bupati Dairi Eddy Keleng Ate Berutu memberikan BLT. (Foto/Kominfo Dairi)

DAIRI, Sidikalang - nduma.id

Pemerintah Kabupaten Dairi Sumatera Utara menyalurkan Bantuan Tunai kepada Pedagang Kaki Lima dan Warung (BTPKLW).

Bekerja sama dengan Kodim 0206 Dairi, BLT diberikan langsung kepada PKL dan Warung, bertempat di halaman Koramil, Rabu (18/05/2022).

Harapannya, BLT bisa memberikan kesempatan kepada pelaku usaha yang terdampak COVID-19, untuk mendorong pertumbuhan ekonomi.

 

Bupati Dairi Eddy Keleng Ate Berutu menyampaikan semua patut bersyukur pendemi telah melandai sehingga sedikit bisa bernafas lega, aktifitas luar ruangan bisa tidak diharuskan menggunakan masker, sebagaimana disampaikan Presiden Joko Widodo.

“Dampak pandemi pada sektor ekonomi tentu belum pulih. Itulah pemerintah mencanangkan program ini terutama bagi pedagang kaki lima dan warung,” kata Eddy Berutu.

Eddy Berutu menyebut bantuan tunai serupa sudah dilakukan pada tahun 2021, dan kembali dilanjutkan tahun ini. Hal ini sebagai bukti kehadiran pemerintah dalam upaya mendorong pemulihan ekonomi nasional dari dampak Pandemi Covid-19.

“Bantuan ini diharapkan dapat menggerakkan kembali ekonomi masyarakat tingkat bawah untuk menjaga daya beli, keberlangsungan usaha dan penghidupan masyarakat yang menjalankan usaha mikro terutama pemilik warung,” kata Eddy Berutu.

Di informasikan, BTPKLW tahun 2022 secara spesifik menyasar 212 kabupaten kota yang masuk dalam roadmap program pengentasan kemiskinan ekstrem 0% di tahun 2024.

Perlu di informasikan bantuan sebesar Rp. 300 ribu ini akan diberikan kepada 2,76 juta penerima, yang terdiri dari 1 juta PKLW dan 1,76 juta bagi nelayan.

“Dari 212 kabupaten kota lokus pelaksanaan BTPKLW ini terdapat 106 kabupaten kota yang disalurkan oleh TNI dan 106 lainnya dibagikan oleh Polri. Saya ingin sampaikan apresiasi pada Dandim 0206 dan jajaranya, dimana dengan waktu yang singkat bantuan ini harus disalurkan dibagikan yang pastinya dilakukan dengan kerja keras. Mari gunakanlah bantuan ini sebaik-baiknya untuk menggerakkan usaha, bukan untuk hal-hal konsumtif,” kata Eddy.

Komandan Distrik Militer (Dandim) 0206/Dairi, Letkol Arh Ridwan Budi Sulistyawan, SIP, menegaskan program bantuan BLT untuk pedagang kaki lima dan warung oleh TNI merupakan program pemerintah di 5 titik yakni di Kecamatan Sidikalang, Tanah Pinem, Sumbul, Parongil dan Tigalingga.

“Terdapat 1000 penerima yang dibagi dalam 5 lokasi, di mana sesuai rencana akan disalurkan selama 5 hari, dengan total 5000 orang penerima,”kata Dandim.

Dandim menjelaskan pemilihan TNI untuk menyalurkan BLT ini, didasari bahwasanya TNI bisa menjangkau seluruh wilayah.

Hadir Kapolres AKBP Wahyudi Rahman, Ketua DPRD, Wakil ketua DPRD Wanseptember Situmorang, Kepala Dinas Sosial Anggara Sinurat, Kepala Dinas Perindangkop Iwan Taruna Berutu, Camat Sidikalang Swanto Sitakar, Lurah Sidikalang Anjas Ujung, Kakancab BRI dan para penerima bantuan. (Kominfo Dairi).