Demokrat

Demokrat

Domian

Domian

Wahyu Sagala

Wahyu Sagala
Minggu, 22 Mei 2022, 14:49 WIB
Last Updated 2022-05-23T07:52:41Z
Daerah

Pos SAR Danau Toba Sosialisasi Keselamatan Transportasi Danau Toba

Foto bersama peserta usai sosialisasi. (Foto/Sariman).

TOBA - nduma.id

Basarnas Pos SAR Danau Toba bersama Regal Spring Indonesia (RSI) dan Balai Pengelola Transportasi Darat (BPTD) Wilayah 2 Sumatera Utara mengadakan Sosialisasi keselamatan Lalu Lintas Sungai dan Danau.

Sosialisasi digelar di Dermaga Fery Ihan Batak, Ajibata Kabupaten Toba, Sabtu (21/05/2022).

Sosialisasi sebagai salah satu upaya meningkatkan keahlian dan kemampuan dari Nahkoda Kapal sesuai Peraturan Menteri Perhubungan Nomor PM. 52 Tahun 2012 dan Peraturan Direktorat Jenderal Perhubungan Darat Nomor KP 3424/AP.402/DRJD/2020 tentang alur sungai dan Danau.

"Ini merupakan bentuk keseriusan Basarnas hadir untuk memberikan rasa aman dan nyaman terhadap Wisatawan yang berkunjung ke kawasan Danau Toba dan juga terhadap keamanan warga sekitar dalam beraktifitas di Danau Toba." Koordinator Pos SAR Parapat Danau Toba, Hisar Turnip.

Disana Hisar memberikan pemaparan tentang Sistem SAR, dan Penggunaan Rasio Komunikasi sebelum berangkat berlayar hingga pada saat terjadi keadaan darurat.

"Kedepannya Basarnas Medan melalui Pos SAR Parapat Danau Toba, akan terus menggandeng seluruh stakeholder maupun organisasi atau komunitas untuk terus melakukan sosialisasi terkait keselamatan lalu lintas di seputara Danau Toba," ucap Hisar.

Peserta merupakan Nahkoda kapal disekitar Danau Toba.

Diacara itu mereka melaksanakan Simulasi terkait penanganan saat terjadi kondisi darurat pada saat berlayar.

Usai acara peserta mendapat sertifikat yang diberikan oleh RSI dan BPTD. (nd1).