SMSI

SMSI
Senin, 27 Juni 2022, 20:20 WIB
Last Updated 2022-06-27T13:20:55Z
Dairi

Hut IBI ke - 71, Bupati Dairi Dengar Curhatan Para Bidan

Bupati Dairi di HUT IBI. (Foto/Kominfo Dairi)

DAIRI, Sidikalang - nduma.id

Bupati Dairi DR. Eddy Keleng Ate Berutu ikut memperingati HUT Ikatan Bidang Indonesia (IBI) di Balai Budaya Sidikalang, Sabtu (25/06/2022).

Hari Bidan Nasional ini diperingati setiap tanggal 24 Juni sebagai berdirinya organisasi ini pada 24 Juni 1951.

Di acara itu, bupati mendengar curahan hati para bidan, menyampaikan masukan dan keluh kesahnya.

Maria Simamora, Bidan yang bertugas di Puskesmas Huta Rakyat menginginkan statusnya sebagai Tenaga Harian Lepas (THL) bisa segera diangkat menjadi Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (P3K).

Curahan hati ini juga mewakili bidan-bidan lain yang menginginkan hal serupa.

Menanggapi hal tersebut, Bupati mengatakan memiliki keinginan serupa namun ada ketentuan-ketentuan yang harus dipenuhi.

“Saya juga maunya seperti itu, namun ada syarat yang harus dipenuhi, karena itu adalah ketentuan kementerian, dan tergantung ibu-ibu bidan juga,” kata Bupati.

Menjadi P3K dikatakan harus seleksi yang persyaratannya tidak berbeda jauh dengan pengangkatan tenaga honorer guru menjadi P3K beberapa waktu lalu.

“Akan ada ujian seleksi sesuai profesi ibu, seperti guru honorer menjadi P3K, kita sudah bantu dengan bimbingan tes, namun ada juga yang tidak lulus. Jadi, ibu-ibu bidan juga harus siap,” kata bupati.

Masni Sihombing, Bidan di Puskesmas Kentara menginginkan berdirinya kampus untuk jenjang pendidikan sarjana kebidanan sebagai wadah peningkatan kemampuan skill dan akademisnya. Hal ini pun mendapat sambutan baik dari Bupati.

“Saya rasa semangat ibu Masni juga mewakili semangat ibu-ibu bidan lain. Memang kualitas pendidikan itu penting untuk peningkatan kualitas SDM, karena kualifikasi akademis yang berbeda tentu akan punya nilai berbeda,” ujarnya.

Bupati juga menjelaskan bahwa pemkab Dairi sudah melakukan penandatanganan kerjasama dengan lembaga pendidikan untuk menampung aspirasi itu, tinggal melengkapi persyaratan administrasi dan waktu saja.

“Hanya tinggal koordinasi dengan Kadis terkait. Secara teori, tidak ada hambatan. Saya ingin informasi ini juga sampai ke teman-teman bidan yang lain yang berada jauh dari jangkauan,” katanya.

Hadir juga dalam kegiatan ini,Kepala dinas kesehatan, dr.Henry Manik Mewakili RSUD, Mewakili dinas KB, Ketua PC IBI, Setiawaty Ginting, Ketua TP.PKK kabupaten, Ny.Romy Mariani Eddy Berutu, Seluruh Koordinator Bidan Dan seluruh peserta. Kegiatan ini juga menghadirkan narasumber, seperti dr.Bonar Sinaga, Sp.OG, dan dr.Nitawati Sitohang. (red).

(Sumber : Kominfo Dairi).