DPM

DPM

Polres

Polres

Balon Golkar

Balon Golkar
Selasa, 07 Juni 2022, 20:09 WIB
Last Updated 2022-06-08T13:14:32Z
Daerah

Pengurus SMSI Sumut dan Sergai di Jamu Kepala Daerah

Pengurus SMSI Sumut dan calon Pengurus SMSI Kabupaten Serdang Bedagai foto bersama Pemkab Sergai. (Foto/SMSI)

Sergai – nduma.id

Bupati Sergai, H.Darma Wijaya didampingi Wakil Bupati Sergai, H.Adlin Yusri Umar menerima kehadiran para pengurus organisasi Serikat Media Siber Indonesia perwakilan Sumatera Utara dan calon Pengurus SMSI Kabupaten Serdang Bedagai di ruang kerjanya, Selasa (7/6/2022).

Ketua SMSI Sumut Zulfikar Tanjung menerangkan saat ini jumlah perusahaan media online yang tergabung di SMSI seluruh Indonesia sebanyak 1720 media. Dan untuk Sumatera Utara berjumlah 150 media online dan akan bertambah lagi ketika SMSI Kabupaten Sergai dilantik.

Pemerintah Kabupaten Sergai dikatakan kabupaten yang memiliki potensi pariwisata yang dapat dijual dan dipromosikan baik tingkat daerah, nasional dan dunia.

“Karena itu, pada Hari Pers Nasional (HPN) tahun 2023 mendatang yang direncanakan di Kota Medan - Sumatera Utara, Kabupaten Sergai dapat berpartisipasi pada kegiatan SMSI tingkat Nasional dengan mempromosikan potensi wisata yang dimiliki," kata Zulfikar Tanjung.

Kabupaten Serdang Bedagai juga salah satu termasuk pemberitaan terbanyak tingkat nasional dengan beberapa daerah lainnya di Indonesia.

"Sergai masuk dalam pemberitaan terbanyak tentang pembagunan. Untuk itu, kami berharap dapat juga turut berkontribusi yang positip untuk turut serta mempromosikan pemkab Sergai melalui jaringan SMSI baik di Sumatera Utara dan juga Tingkat Nasional, apalagi kami ketahui calon ketua SMSI Kabupaten Sergai, Bung Zuhari sudah diakui kinerjanya dan merupakan wartawan pekerja keras dalam memberitakan hal positip sehingga Kabupaten Sergai dapat lebih bagus dan lebih maju lagi kedepannya," ujarnya.

Sekretaris SMSI Sumut, Erris Julietta Napitupulu menjelaskan keberadaan SMSI sebagai wadah pemilik perusahaan media online yang juga merupakan konstituen dewan pers.

SMSI juga sebagai wadah untuk membina dan membantu perusahaan media online agar dapat terverifikasi baik secara administrasi dan secara faktual di dewan pers.

" Namun harus mengikuti 21 syarat dari dewan pers yang harus dilengkapi agar dapat terverifikasi di dewan pers," ungkapnya.

Tujuan kedatangannya bersama rombongan pengurus SMSI Sumut selain untuk memperkenalkan para pengurus SMSI Sumut juga untuk meminta restu dan dukungan terhadap calon ketua SMSI Kabupaten Serdang Bedagai, Zuhari dan teman-temannya.

"Kami berharap keberadaan SMSI Kabupaten Sergai nantinya dapat semakin bersinergi dan saling mendukung pembangunan dan kemajuan kabupaten Sergai ke depannya dalam hal Pemberitaan yang membangun dan tidak hoax," katanya.

Sementara, Zuhari calon ketua SMSI Kabupaten Sergai meminta restu untuk membawa dan membesarkan SMSI di Kabupaten Sergai sehingga dapat menjadi organisasi media yang dapat diterima khalayak ramai.

Wakil Bupati Sergai, H.Adlin Yusri Umar mengatakan bahwa media merupakan mitra strategis sekaligus sahabat di Pemkab Sergai selaku Kontrol Sosial dalam memberitakan semua kegiatan pembangunan di kabupaten Sergai.

" Media sangat penting dalam proses pemberian informasi, apalagi saat sekarang ini, dimana kita dapat memanfaatkan media online untuk mengetahui kemajuan dari desa ke desa secara up to date," bilangnya.

Bupati Sergai, Darma Wijaya sependapat  dengan yang diutarakan Wakil Bupati Sergai dimana peran media sebagai penyebar informasi berita juga menjadi bagian dari mitra strategis dalam membantu pemkab Sergai dalam hal peningkatan pelayanan juga sebagia alat untuk mengetahui sejauh mana hasil kerja yang sudah dilakukan di seluruh desa yang ada di wilayah pemkab Sergai.

"Kalau dulu, kita  belum up to date mendapat informasi terkait hasil pembangunan yang telah kita lakukan. Namun, saat ini begitu kita turun tidak berapa lama, kinerja kita sudah terekspos dan diketahui khalayak umum. Kami akui keterbatasan kami dalam mengawasi semua wilayah di Kabupaten Sergai, namun dengan keberadaan media, pekerjaan kamipun dapat terbantu," terangnya.

Dia sangat terbuka bagi semua media yang ada di pemkab Sergai. Dan itu dia lakukan sejak sebelum dan setelah dia menjadi wakil bupati, dan  bupati.

"Saya juga sangat senang jika media  mengkritik terkait kinerja saya dan wakil saya, artinya kami akan sangat terbantu untuk mengevaluasi kembali apa saja yang sudah kamu lakukan dan yang akan kamu lakukan kedepannya untuk kemajuan dan pembangunan di kabupaten Serdang Bedagai," terangnya.

Kritik untuk membangun, tambah Bupati sangat mereka tunggu sebagai bentuk kontrol sosial dan sebagai bentuk untuk mengetahui keberhasilan dan tolak ukur terhadap apa yang telah mereka lakukan di daerah kabupaten Sergai.

"Kami berharap setelah nantinya dikukuhkan dan dilantik para pengurus SMSI Kabupaten Sergai dapat semakin meningkatkan kinerja dalam membantu pemkab Sergai memberitakan kinerja yang positip dan memberikan masukan demi kemajuan dan keberhasilan pemkab Sergai kedepannya. Kami tahu bahwa sosok Zuhari sudah dikenal sebagai wartawan yang pekerja keras dan banyak memberikan kontribusi positif bagi pembangunan di kabupaten Sergai," sebutnya.

Acara temu ramah dan perkenalan para pengurus SMSI Sumut ini diakhiri dengan acara foto bersama.

Para pengurus SMSI Sumut yang diterima yakni Penasehat, Roni Purba, Ketua SMSI Sumut, Ir Zulfikar Tanjung, Wakil Ketua, H Agus Lubis, Sekretaris, Erris J Napitupulu, Bendahara, Irwansyah, Ketua Bidang Organisasi dan Lembaga, Ariadi dan Seksi organisasi, Irwan Manalu. (nd1)