DPM

DPM

Polres

Polres

Balon Golkar

Balon Golkar
Kamis, 16 Juni 2022, 00:00 WIB
Last Updated 2022-06-22T17:04:36Z
Dairi

PKK Dairi Canangkan “BIN” di Sileuh Leuh Parsaoran

Ketua Tim Penggerak PKK Kabupaten Dairi bersama ibu ibu di Desa Sileuh-leuh. (Foto/Kominfo Dairi)

DAIRI, Sumbul - nduma.id

Ketua Tim Penggerak PKK Kabupaten Dairi Romy Mariani Eddy Berutu mencanangkan Bulan Imunisasi Nasional (BIN) di desa Sileuh Leuh Parsaoran, Kecamatan Sumbul, Rabu (15/6/2022).

Pencanangan bulan imunisasi dirangkai dengan pelayanan KB serentak sejuta akseptor serta praktik baik tim koordinasi aksi percepatan penurunan stunting Kabupaten Dairi tahun 2022.

Romy Mariani mengatakan 2 tahun pandemi covid 19 melanda, banyak imunisasi anak yang tertunda.

Data yang diperoleh ada 1,7 Juta anak Indonesia tertunda imunisasi, dan Sumatera Utara berada di peringkat 3.

Oleh karena bulan imunisasi ini dicanangkan, dan untuk Kabupaten Dairi yang menjadi sasaran dalam hal vaksinasi campak rubella yakni sebanyak 85.141 orang.

Melalui bulan imunisasi, diharapkan semua anak yang terlambat imunisasi dapat segera di imunisasi.

Secara spesifik bulan imunisasi Ia sampaikan untuk mencegah kecacatan bagi anak, sehingga selama pencanangan diharapkan orangtua membawa anak ke fasilitas kesehatan terdekat untuk mendapatkan imunisasi agar anak lebih sehat dan produktif.

“Jadi mencegah lebih baik daripada mengobati. Perencanaan bulan imunisasi nasional upaya Kementerian Kesehatan untuk menutup kesenjangan kesehatan sosial akibat pandemi Covid-19. Semoga yang kita laksanakan hari ini dapat kita rasakan manfaatnya di kemudian hari. Maka, dengan ini saya nyatakan pencanangan imunisasi nasional secara resmi dimulai,” ujar Romy.

Turut hadir dalam kegiatan tersebut Bupati Dairi Dr Eddy Keleng Ate Berutu, Pimpinan OPD Dairi, Camat Sumbul serta Ketua Tim Penggerak PKK Kecamatan Sumbul dan Anggota Tim Penggerak PKK Kabupaten Dairi.

Dalam pencanangan tersebut, berbagai kegiatan dilakukan oleh pemerintah Kabupaten Dairi diantaranya pelayanan administrasi kependudukan oleh Dinas Kependudukan Pencatatan Sipil, pelayanan kesehatan oleh Dinas Kesehatan. (red)

(Sumber : Kominfo Dairi)