DPM

DPM

Polres

Polres

Balon Golkar

Balon Golkar
Sabtu, 25 Juni 2022, 15:29 WIB
Last Updated 2022-06-25T08:29:27Z
Dairi

Porpensi SMK N 1 Sidikalang di Tutup

Foto bersama usai memberikan Ulos kepada Bupati Dairi. (Foto/Justin).

DAIRI, Sidikalang - nduma.id

Pekan Olahraga Dan Pentas Seni (Porpensi) SMKN 1 Sidikalang, Kabupaten Dairi, Sumatera Utara ditutup, Jumat (24/06/2022).

Porpensi bertujuan meningkatkan bakat dan minat siswa baik seni dan olah raga dengan tujuan membangun budaya kerja, tertib, disiplin dan tepat waktu. 

"Diakhir-akhir ini pendidikan sudah diarahkan untuk membangun soft skill. Kalau di SMK 80% soft skill dan 20 hard skill," ujar Paulus Saing Kepsek SMKN 1 Sidikalang.

Soft skill itu katanya karakter. 

Menurut Saing, generasi muda saat ini kerap gagal karena fokus membangun hard skill.

Seperti fokus belajar matematika, atau belajar teknis sehingga lupa karakter.

"Inilah yang membuat kegagalan-kegagalan, dan oleh pemerintah hal itu sudah disadari, maka oleh karenanya, SMKN 1 Sidikalang saat ini menggunakan kurikulum Merdeka, salah satunya adalah membangun soft skill," jelasnya.

Hal ini diharapkan saing menjadi masukan bagi orang tua siswa.

"Jangan menganggap jika anaknya dapat nilai matematika bagus, maka dianggap sudah selesailah dan membawa kehidupannya baik kelak, belum tentu. Mari kita bangun soft skill anak-anak kita," tandasnya.

Dicontohkan diacara itu ketua OSIS tampil di depan memberikan kata sambutan sebagai ketua panitia.

Pidato ketua OSIS itu dinilai Saing sebagai kemampuan soft skill, dan tidak pernah didapatkan di bangku sekolah sebelumnya. 

"Jadi semua siswa yang turut jadi panitia, ini adalah membangun soft skill anda," ucap Saing.

Acara itu di dukung orang tua.

Pengurus Komite Sekolah, P Hutagalung menilai program sekolah, tiga tahun terakhir meningkat hingga dinobatkan menjadi salah satu Sekolah Pusat Keunggulan Nasional berbasis kurikulum Merdeka dan mengedepankan pendidikan karakter.

"Jadi saya mohon kepada para orang tua siswa, jika ada undangan dari sekolah soal rencana pengembangan pendidikan anak-anak kita, mari, jangan malas, hadirlah. Sudah kita lihat kualitas kemampuan anak kita," ajak Hutagalung.

Kacabdis, Syahril Ginting mengakui capaian kinerja SMKN 1 Sidikalang. 

Dijajaran Cabdis Kabanjahe ada SMK Negeri dan swasta, 6 sekolah di Kabupaten Karo, 4 Kabupaten Dairi dan 4 di Pakpak Bharat.

Sementara SMK Swasta 8 di Dairi, dan 8 di Kabupaten Karo.

"Satu-satunya SMK Negeri yang 'Membuang'Siswa Pendaftar baru karena membludak pendaftar adalah SMKN 1 Sidikalang, kenapa, karena kepercayaan masyarakat terhadap sekolah sudah nyata," ucapnya.

Bupati Dairi, Eddy Berutu mengaku puas dan bangga dengan capaian SMKN 1 Sidikalang, apalagi dengan kurikulum Merdeka dan penerapan pendidikan soft skill 80 persen.

"Saya mendukung dan salut dengan inisiatif para guru dan Kepala Sekolah hingga SMKN 1 Sidikalang dapat mengharumkan nama Kabupaten Dairi," ucapnya 

Kata Bupati salah satu keunggulan Kabupaten Dairi saat ini adalah sektor industri pariwisata.

Sebelumnya Porpensi ini berlangsung 10 hari mulai 14 hingga 23 Juni 2022.

Kompetisi olahraga meliputi Futsal, Volley Ball, Bulu Tangkis dan Tennis Meja. 

Pentas seni puisi, pidato, kreatif monolog, vokal solo, vokal grup, fashion show, tari tradisional, dance, stand up komedi dan teater.

Hadir di acara itu Bupati Dairi, Eddy KA Berutu, Kepala Cabang Dinas Pendidikan Sumut Kabanjahe, H.Syahril Ginting S.Pd, M.Pd, Ketua Komite SMKN 1 Sidikalang, P Hutagalung dan para orang tua,  Mitra industri SMKN 1 Bank Mandiri dan SMK Swasta Rismaduma Sumbul. 

Porpensi mengangkat tema "Mari berolah Raga Dan Menikmati Hidup Melalui Porpensi" mempertontonkan inovasi, kreatifitas dengan talenta para siswa. 

Acara juga dipandu host siswa-siswi SMKN 1.

"SMK Bisa, SMK Hebat, Dairi Unggul, Sumut Bermartabat", menjadi yel, yel pada Penutupan Porpensi itu.

Tarian lima etnik, Pakpak, Karo, Toba, Simalungun dan Melayu Sumatera Utara dipadu tor-tor mengawali acara pembukaan. (nd1)