DPM

DPM

Polres

Polres

Balon Golkar

Balon Golkar
Senin, 27 Juni 2022, 07:34 WIB
Last Updated 2022-06-28T00:40:30Z
Dairi

PPDB, 1.910 Siswa Daftar di SMK N 1 Sidikalang, Daya Tampung 432 Orang

Kepala Sekolah SMK N 1 Sidikalang, Paulus Saing bersama siswanya. (Foto/Justin)

DAIRI, Sidikalang –
 nduma.id 

Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) tahun ajaran 2022-2023 di Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) Negeri 1 Sidikalang ditutup 22 Juli 2022 lalu. .

 

Pendaftaran dibuka secara online melalui website PPDB Online pada laman ppdb.disdik.sumutprov.go.id. yang dikelola Dinas Pendidikan Sumatera Utara.

 

Sebanyak 1.910 siswa mendaftar sementara daya tampung sekolah sebanyak 432 siswa, untuk 12 ruang belajar yang terbagi enam jurusan.

 

" Ini karena kepercayaan masyarakat terhadap SMK N 1 Sidikalang sudah nyata," ucap Kepala Cabang Kabanjahe Dinas Pendidikan Sumut, H. Syahril Ginting, Jumat, 24 Juni 2022 di Sidikalang.

 

Syahril mengapresiasi kepercayaan masyarakat ini terhadap SMK N 1 Sidikalang, karena 1.482 pelajar harus terbuang.  

 

"Capaian SMKN 1 Sidikalang menjadi bahan masukan untuk saya sebagai Kacabdis. Kenapa sekolah ini membludak? Sementara yang lain masih kekurangan." Ujar Syahril.

 

Di Jajaran Cabdis Kabanjahe ada SMK Negeri dan swasta. 6 SMK N di Karo, 4 di Dairi dan 4 SMKN di Pakpak Bharat.

 

Sedangkan swasta, ada 8 SMK Swasta di Dairi dan 8 SMK Swasta di Karo 8.

 

Kepala Sekolah SMK N 1 Sidikalang, Paulus Saing S.Pd, M.Pd mengatakan bakal ada 1500 siswa yang tidak bisa masuk atau diterima. 

 

" Daya tampung 432 siswa sementara pendaftar pada PPDB Online sebanyak 1.910. Artinya sisanya akan terbuang setelah seleksi nilai rapor SMP," jelas Paulus.

 

Paulus berterima kasih atas kepercayaan publik terhadap SMK N 1 Sidikalang.

 

"Kalau saya berprinsip bahwa sekolah ini betul-betul dikasi publik kepercayaan. Bagi anak-anak yang tidak diterima di SMKN 1 Sidikalang, jangan berkecil hati, SMKN 1 bukanlah segala-galanya, banyak tempat namun sekolah ini menjadi pilihan kalian semua, kami mengucapkan terima kasih," sebutnya.

 

Nama-nama siswa yang diterima di SMK N 1 Sidikalang akan di umumkan pada tanggal 2 Juli 2022 mendatang. 

 

"Dari laporan Cabang Dinas di Kabanjahe, bahwa seluruh SMK Negeri yang ada di jajaran Cabang Dinas Pendidikan Kabanjahe, satu-satunya sekolah yang melakukan seleksi pada siswa pendaftaran baru adalah SMKN 1 Sidikalang. SMK Negeri lainnya, masih kekurangan siswa," jelas Paulus. (red)