Demokrat

Demokrat

Domian

Domian

Wahyu Sagala

Wahyu Sagala
Rabu, 15 Juni 2022, 18:24 WIB
Last Updated 2022-06-15T11:37:51Z
Dairi

Program DP3, KPU Dairi Bekali 25 Kader di Desa Soban

Foto bersama kader KPU Dairi di Desa Soban. (Foto/Rudi)

DAIRI, Sidikalang - nduma id

Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Dairi Sumatera Utara kembali memberikan pembekalan kepada 25 orang warga sebagai kader KPU.

Kali ini di Desa Soban Kecamatan Siempat Nempu.

Pembekalan merupakan rangkaian Program Desa Peduli Pemilu dan Pemilihan (DP3), kerja sama KPU Dairi dengan pemerintah Kabupaten Dairi.

"Ini desa kedua dari 4 desa yang kita lakukan pembekalan," kata Ariyanto Tinendung, Komisioner KPU Dairi. Rabu (15/6/2022).


Komisioner KPU Dairi, Ariyanto Tinendung diwawancarai wartawan (Foto/Rudi)

Harapannya akan terbentuk kader-kader dari Desa Soban yang nantinya bisa menjadi corong KPU untuk menyampaikan kepada masyarakat sekitar apa itu demokrasi, manfaatnya dan bagaimana meningkatkan partisipasi pemilu.


"Itulah harapan kita kepada kader-kader ini. Sehingga nanti kedepannya pemilu 2024 kualitas maupun kuantitas dari demokrasi bisa kita maksimalkan," sebut Ari.


Ada beberapa pembekalan materi yang disampaikan kepada 25 Kader itu, pertama tentang demokrasi pemilu dan partisipasi, kemudian tahapan-tahapan tentang pemilu, daftar pemilih, pencegahan politik uang kemudian bagaimana mengantisipasi berita hoax, teknik berkomunikasi publik dan materi modus operandi dan solusi kampanye sara.

Sebelumnya pembekalan serupa sudah dilakukan  kepada 25 warga Kelurahan Bintang Hulu Kecamatan Sidikalang.

"Ada 4 lokus di 4 dapil di Kabupaten Dairi, 25 kader di setiap desa yang di latih selama dua hari terkait dengan isu demokrasi kepemiluan dan juga turunannya," kata Jenny Ester Pandiangan, Komisioner KPU Dairi.

Targetnya adalah saat tahapan pemilu 2024 nanti di mulai, KPU Dairi sudah memiliki 100 kader di desa yang tersebar di 4 daerah pemilihan.

Di daerah pemilihan satu, program Desa Peduli Pemilu dan Pemilihan ini di laksanakan di kantor Kelurahan Bintang Hulu.

Sedangkan di daerah pemilihan dua di desa Soban di Kecamatan Siempat Nempu.

Di daerah pemilihan empat di gelar di Desa pegagan julu III Kecamatan Sumbul, dan dapil tiga di desa Palding Jaya di Kecamatan Tigalingga. (nd1).