Halim Lumban Batu

Halim Lumban Batu

Wahyu Sagala

Wahyu Sagala

Pemko Siantar

Pemko Siantar
Kamis, 21 Juli 2022, 14:37 WIB
Last Updated 2022-07-21T07:37:45Z
Nasional

Di Rapimnas, Kasad Minta SMSI Kembangkan Jurnalisme Jujur


Kasad memberikan sambutan. (Foto/SMSI)

Jakarta - nduma.id

Kepala Staf Angkatan Darat (KASAD) Jenderal TNI Dudung Abdurachman 

memberi kata sambutan dalam acara Rapat Pimpinan Nasional (Rapimnas) Serikat Media Siber Indonesia (SMSI) tahun 2022.

Rapimnas bertempat di Markas Besar Angkatan Darat, Jalan Veteran Jakarta, Kamis (21/7/2022) pagi. 

Dalam sambutannya, salah yang di pesankan adalah agar anggota Serikat Media Siber Indonesia (SMSI) terus menjalankan fungsi kewartawanannya sesuai dengan kode etik jurnalistik. 

Antara lain mengedepankan jurnalisme jujur.

Tujuannya menghadirkan kabar yang layak didengar masyarakat. 

“Saya berpesan agar organisasi yang menaungi lebih dari 2000 orang anggota perusahaan media digital di seluruh Indonesia  ini terus mengembangkan jurnalisme damai, jujur serta jernih dalam menyampaikan berita yang layak diterima di masyarakat," kata Dudung.

Kasad menerima Pin Emas dari SMSI sebagai pembina. (Foto/AMSI)

Mantan Panglima Komando Cadangan Strategis Angkatan Darat ini juga berharap agar kode etik jurnalistik  tetap menjadi asas utama anggota SMSI, sehingga aktivitas pemberitaan yang dilakukan tidak semata mencari popularitas, namun lebih memilih untuk  hanya menyampaikan berita dan informasi yang layak untuk diterima masyarakat. 

“Sehingga pada tahap lainnya, jika kesadaran itu timbul, maka anggota SMSI secara langsung mempunyai tanggung jawab untuk menulis berita yang benar sekaligus menangkal hoax atau kabar bohong,” kata Dudung.

Dudung juga berpesan melalui forum Rapimnas, SMSI terus membangun sinergitas  antar perusahaan media, dewan pers, PWI, maupun dengan Komisi Penyiaran Indonesia yang tetap dalam pondasi negara kesatuan Republik Indonesia (NKRI) dengan beratap kebhinekaan. 

Terakhir,  SMSI  diminta mengembalikan esensi jurnalisme dalam kerangka menjaga persatuan dan kesatuan serta  menjaga dan merawat sacara sungguh-sungguh  nilai-nilai Pancasila.

Sebagai dukungan untuk SMSI, Dudung telah hadir dan menjadi pembina SMSI. 

Itu menjadi alasan mengapa SMSI saat Rakernas menyematkan pin emas kepada mantan loper koran di masa kecilnya itu.

Pembukaan Rapimnas dihadiri sejumlah tokoh dan pejabat antara lain Ketua Dewan Pertimbangan SMSI Budiman Sudjatmiko dan dua anggota dewan pertimbangan SMSI Bona Ventura Sulistiana dan Drs KH M Ma’shum Hidayatullah, MM, dewan penasehat Ervik Ary Susanto,  Ketua Umum PWI Pusat, Atal S Depari,  Danjen Kopassus Mayjen TNI H. Iwan Setiawan, S.E., M.M, serta Ketua  Dewan Pers Prof. Dr. H. Azyumardi Azra, M.Phil., M.A., CBE yang berbicara sebagai pembicara kunci rakernas tersebut. (nd1).