Domian

Domian

Wahyu Sagala

Wahyu Sagala
Jumat, 22 Juli 2022, 12:21 WIB
Last Updated 2022-07-22T05:22:20Z
Daerah

Gerindra Sumut Dukung Pendirian Pabrik Minyak Makan Merah Berbasis Koperasi


Gerindra Sumut di PPKS. (Foto/Bobby)

MEDAN - nduma.id

Gerindra Sumut mendukung pendirian Pabrik Mini Minyak Makan Merah berbasis Koprasi.

Karena itu, Gerindra Sumut meminta pemerintah tidak tanggung bergerak terkait pengolahan minyak makan merah berbasis koperasi.

Ketua DPD Gerindra Sumut, H. Gus Irawan Pasaribu, menyampaikan Gerindra Sumut akan edukasi dan sosialisasikan minyak makan merah ke masyarakat sebagai bentuk dukungan terhadap Presiden Jokowi.

"Lahan perkebunan sawit rakyat di Sumut sangat luas dan kita punya Sumber Daya Manusia yang mempuni untuk membuat pabrik-pabrik pengolahan minyak merah," kata Gus Irawan, Kamis (21/7/2022).

Jika dioptimalkan Pabrik Minyak Makan Merah ini akan membantu meningkatkan perekonomian rakyat.

Saat berkunjung ke Pusat Penelitian Kelapa Sawit (PPKS), Gus mengatakan pengolahan minyak makan merah menjadi solusi untuk menjamin harga jual tandan buah segar (TBS).

Minyak makan merah juga memiliki kandungan nutrisi yang baik untuk pencegahan stunting karena mengandung pro-vitamin A dan E yang lebih tinggi dari minyak goreng putih dan harganya bisa jauh lebih murah.

Dengan pengolahan minyak makan merah dan pabrik mini petani nantinya bisa langsung memasarkan sendiri hasil kebun mereka. 

Selama ini petani sawit cenderung rugi karena harga TBS dihargai murah.

Yang menikmati kenaikan harga minyak makan itu hanya kalangan pengusaha saja dan bukan petani.

"Jika nanti pabrik-pabrik mini pengolahan minyak makan merah ini terealisasi dan diproduksi melalui koperasi, maka petani kita akan sejahtera dan memutus mata rantai kartel minyak makan yang selama ini sangat merugikan petani dan rakyat," kata Gus Irawan. 

Sebagai partai pro petani Gerindra siap membantu pemerintah mengedukasi dan sosialisasikan minyak makan merah agar nantinya produk minyak makan merah diterima masyarakat untuk dikonsumsi.

"Saya akan instruksikan seluruh pimpinan Gerindra di daerah untuk borong minyak makan merah yang diproduksi di pabrik-pabrik mini koperasi untuk dibagikan ke masyarakat secara gratis agar sosialisasinya bisa lebih masif," tegas Gus Irawan.

Saat kunjungan Gus membawa para Wakil Ketua DPD Gerindra Sumut diantaranya Sugiat Santoso, Dr. Aripay Tambunan, Robert L. Tobing, Zakiyuddin Harahap untuk melihat langsung produk minyak merah ke PPKS Medan untuk menambah wawasan dan menindaklanjuti instruksi dukungan Gerindra tersebut. (Raden).