Demokrat

Demokrat

Domian

Domian

Wahyu Sagala

Wahyu Sagala
Jumat, 19 Agustus 2022, 13:43 WIB
Last Updated 2022-08-19T06:43:08Z
Pakpak Bharat

HUT RI Ke 77, Warga Pagindar Upacara di Hutan Kapur

Upacar HUT RI ke 77 Tahun di Labah Tedung Hutan Kapur Pagindar. (Foto/Obah).

PAKPAK BHARAT, Pagindar - nduma.id

Warga Kecamatan Pagindar Kabupaten Pakpak Bharat Sumatera Utara memperingati Detik-Detik Proklamasi Kemerdekaan Republik Indonesia ke-77 tahun di Hutan Kapur.

Lokasinya di Labah Teddung, desa Pagindar, Rabu (17/08/2022).

"Tujuannya agar kawasan ini bisa dilestarikan serta sekaligus mempromosikannya sebagai salah satu tujuan destinasi wisata di Pakpak Bharat," kata Camat Pagindar, Sada Tua Manik.

Upacara di tandai dengan bunyi sirine. 

Camat Pagindar, bertindak sebagai Inspektur Upacara.

Naskah proklamasi kemerdekaan RI dibacakan anggota DPRD Pakpak Bharat, Kadri Tumangger.

Dan pembacaan doa dari Kementerian Agama Kabupaten Pakpak Bharat oleh Joko Suwitno. 

Usai detik-detik proklamasi dilanjutkan dengan berbagai hiburan seperti menari serta lomba panjat pinang dan pertandingan lain. 

Hutan Kapur merupakan kawasan yang ditumbuhi pohon Kapur langka yang digunakan sebagai bahan dasar obat-obatan dan parfum. 

Kapur, Kanfer atau Kafura merupakan 1 dari 10 bahan baku parfum kelas dunia yang terdapat di Indonesia.

Beberapa waktu yang lalu tempat ini diresmikan oleh Bupati Pakpak Bharat, Franc Benhard Tumanggor didampingi oleh Wakil Bupati Pakpak Bharat, Matsuhito Solin, Sabrina, M, mantan Sekda Sumatera Utara, Kadis Perkebunan Sumatera Utara dan beberapa pimpinan OPD Kabupaten Pakpak Bharat. 

Hadir di upacara itu Camat Pagindar Sada Tua Manik. Anggota DPRD Pakpak Bharat dari partai Nasdem Kadri Tumangger, dan Sin Adestin Berutu dari partai Demokrat. 

Para kepala desa se kecamatan Pagindar, seperti Parmi Manik kepala desa Napatalun Perlambuken, Sondang Manik kepala desa Sibagindar, Jalidin Manik kepala desa Pagindar, dan kepala desa Lae Mbntar Berlin Manik. (Obah)