SMSI

SMSI
Minggu, 14 Agustus 2022, 19:38 WIB
Last Updated 2022-08-14T12:38:43Z
Daerah

Pesta Olop-olop dan Pelantikan Toga Raja Sitorus Sukses di Gelar

Pesta Olop-olop (Syukuran) Sekaligus Pelantikan Pengurus Toga Raja Sitorus, Boru, Bere, Ibebere Kota Pematang Siantar. (Foto/Ari)

Pematang Siantar - nduma. Id

Plt Wali Kota Pematang Siantar dr Susanti Dewayani SpA diwakili Asisten III Drs Pardamean Silaen MSi menghadiri Pesta Olop-olop (Syukuran) dan Pelantikan Pengurus Toga Raja Sitorus, Boru, Bere, Ibebere Kota Pematang Siantar Periode 2022-2026.

Acara digelar di Wisma Musyawarah, Jalan Musyawarah Parluasan Kota Pematang Siantar, Minggu (14/8/2022).

Disana Plt Wali Kota Susanti diwakili Asisten III Pardamean menyampaikan salam hormat kepada almarhum Hulman Sitorus SE dan Togar Sitorus SE MM, dua marga Sitorus yang pernah menjadi Wali Kota dan Wakil Wali Kota Pematang Siantar.

Acara diawali ibadah, dan dilanjutkan menyanyikan lagu Indonesia Raya serta Mars Raja Sitorus.

Kemudian, laporan oleh Ketua Panitia Pelaksana Tahan Torang Sitorus didampingi Sekretaris St TP Sitorus.

Selanjutnya, pelantikan Pengurus Toga Raja Sitorus, Boru, Bere, Ibebere Kota Pematang Siantar Periode 2022-2026 oleh Dewan Penasehat Pdt Dr Langsung Maruli Sitorus, didampingi para penasehat yakni St Dj Sitorus, St S Sitorus (Op Theresia), dan Togar Sitorus SE MM.

Dewan Penasehat Pdt Dr Langsung Maruli Sitorus menyerahkan Surat Keputusan (SK) Pengurus Toga Raja Sitorus, Boru, Bere, Ibebere Kota Pematang Siantar Periode 2022-2026 kepada Ketua Umum Toga Raja Sitorus, Boru, Bere, Ibebere Kota Pematang Siantar St Besral Robert Panahatan Sitorus.

Dilanjutkan pemberian ucapan selamat yang diawali Plt Wali Kota Pematangsiantar dr Susanti Dewayani SpA, diwakili Asisten III Drs Pardamean Silaen MSi, dan foto bersama.

Dewan Penasehat Toga Raja Sitorus, Boru, Bere, Ibebere Kota Pematang Siantar Pdt Dr Langsung Maruli Sitorus mengucapkan selamat kepada pengurus Toga Raja Sitorus, Boru, Bere, Ibebere Kota Pematang Siantar yang baru.

Dikatakannya, marga Sitorus merupakan marga yang banyak berhasil, baik di Kota Pematang Siantar maupun di pemerintah pusat.

Maka dari itu, momentum pelantikan dijadikan pengurus agar semakin kompak dan solid serta harus bekerja keras secara nyata, berkarya dan berinovasi untuk kemajuan organisasi marga Sitorus.

“Untuk memajukan organisasi ini ke depan, pengurus harus bijak dalam berorganisasi serta dapat merangkul semua pihak, terutama bersinergi dengan pemerintah dalam mendukung program-program pembangunan, khususnya di Kota Pematang Siantar,” katanya.

Sementara itu, Plt. Wali Kota Pematang Siantar dr Susanti Dewayani SpA dalam sambutan tertulisnya yang dibacakan Asisten III Drs Pardamean Silaen MSi mengatakan, keragaman etnis dan budaya merupakan kekayaan tersendiri yang harus senantiasa dijaga dan pelihara, termasuk di Kota Pematang Siantar.

Masyarakat Kota Pematang Siantar yang heterogen, selama ini hidup rukun, damai, dan saling menghormati, sehingga Pematang Siantar termasuk salah satu kota dengan tingkat toleransi terbaik di Indonesia.

Toga Raja Sitorus, katanya, sebagai salah satu marga etnis Batak selama ini telah hidup rukun dan damai bersama marga-marga batak lainnya, juga dengan suku lain dalam balutan Bhinneka Tunggal Ika. Semoga Toga Raja Sitorus bisa tetap menjaga kerukunan dan kebersamaan serta saling tolong-menolong.

Plt Wali Kota Susanti diwakili Asisten III Pardamean Silaen mengucapkan selamat atas terselenggaranya Pesta Olop-olop Sekaligus Pelantikan Pengurus Toga Raja Sitorus, Boru, Bere, Ibebere Kota Pematang Siantar.

“Semoga acara ini tidak sekadar seremoni, tetapi menjadi momentum agar Toga Raja Sitorus bersama Boru, Bere, dan Ibebere semakin bersatu serta menjadi organisasi yang memberikan manfaat bagi para anggotanya, tidak hanya dalam kehidupan adat-istiadat, namun meliputi seluruh aspek kehidupan, baik sosial, hukum, maupun ekonomi,” jelasnya.

Diharapkan pengurus yang baru dilantik agar mampu menjalankan amanah yang telah diberikan, menyusun, dan melaksanakan program kerja, serta mengedepankan azas musyawarah dan mufakat, mengutamakan persatuan dan kesatuan, dengan tetap memprioritaskan kepentingan bersama.

“Semoga di antara sesama Toga FRaja Sitorus, Boru, Bere, dan Ibebere terajut ‘Holong’ atau kasih, termasuk meningkatkan hubungan pertalian darah yang kuat di antara sesama Toga Raja Sitorus. Dengan demikian Toga Raja Sitorus bersama boru, bere, dan ibebere semakin bersatu, harmonis dan solid, serta saling peduli, baik dalam suka, terlebih di dalam duka,” sebutnya.

Selain itu, Toga Raja Sitorus diminta tetap menjaga dan melestarikan budaya Batak sebagai salah satu aset budaya yang menjunjung tinggi falsafah Dalihan Natolu.

Dalam kesempatan itu, Plt Wali Kota Susanti diwakili Asisten  III Pardamean Silaen menyampaikan harapan agar Toga Raja Sitorus bisa memunculkan ide brilian untuk memajukan pomparan itu sendiri. Sehingga bisa menjadi contoh bagi marga-marga lainnya.

Apalagi Toga Raja Sitorus memiliki populasi yang cukup besar dan telah melahirkan tokoh-tokoh dari masa ke masa yang berperan dalam membangun negara, dan juga menjadi pelopor kebersamaan dan keteguhan di tengah-tengah masyarakat Kota Pematang Siantar. Di antaranya, Wali Kota dan Wakil Wali Kota Pematang Siantar pernah berasal dari marga Sitorus.

“Salam hormat kita semua kepada almarhum Bapak Hulman Sitorus SE yang merupakan Wali Kota Pematang Siantar Periode 2010-2015 dan Bapak Togar Sitorus SE MM selaku Wakil Wali Kota Pematang Siantar Periode 2017-2022,” ujarnya.

Tak lupa disampaikan, agar Toga Raja Sitorus bekerja sama, bersinergi, dan berkolaborasi untuk mendukung program-program Pemerintah Kota Pematang Siantar, terutama yang bersentuhan langsung dengan kepentingan masyarakat.

“Mari bersatu dan bergotong-royong untuk memajukan Kota Pematang Siantar, sebagaimana Motto Sapangambei Manoktok Hitei, yakni saling bergotong-royong untuk mencapai tujuan yang mulia. Maka dari itu dan jika kita semua bersatu-padu dan saling peduli, maka akan mempercepat Kota Pematang Siantar Bangkit dan Maju demi mewujudkan Pematang Siantar Sehat, Sejahtera, dan Berkualitas,” jelasnya.

Sedangkan Ketua Umum Toga Raja Sitorus, Boru, Bere, Ibebere Kota Pematang Siantar St Besral Robert Panahatan Sitorus, mengucapkan terima kasih kepada seluruh Dewan Penasehat. Disebutkan, Punguan Pomparan Toga Raja Sitorus, Boru, Bere, Ibebere Kota Pematang Siantar merupakan organisasi berbasis marga. Ke depan, punguan ini dapat semakin berkembang dan bersatu, baik dalam suka maupun duka ataupun di bidang-bidang lainya. Sebab Punguan Pomparan Toga Raja Sitorus, Boru, Bere, Ibebere Kota Pematang Siantar murni untuk sosial dan adat serta tidak ada unsur yang lain di dalamnya.

Dilanjutkan pemberian cenderamata berupa Ulos kepada Plt Wali Kota Pematangsiantar yang diterima Asisten III Drs Pardamean Silaen MSi, dari Ketua Umum Toga Raja Sitorus, Boru, Bere, Ibebere Kota Pematang Siantar St Besral Robert Panahatan Sitorus didampingi para Dewan Penasehat.

Adapun pengurus Toga Raja Sitorus, Boru, Bere, Ibebere Kota Pematang Siantar Periode 2022-2026 yang dilantik yakni Ketua Umum St Besral Robert Panahatan Sitorus, Wakil Ketua Jannes Sitorus mewakili klan Pane, Hendrik Toba Sitorus mewakili kian Dori, dan Anjur Sitorus mewakili Boitok, Sekretaris Umum St Tua Pandapotan Sitorus, Wakil Sekretaris Tahan Sitorus, Bendahara Umum B Damanik.

Sedangkan untuk bidang-bidang, yakini Bidang Kerohanian St Hotman Pandapotan Sitorus, St Immanuel Sitorus, dan CSt Elisabeth br Simangunsong. Bidang Sosial Ny Hulman Sitorus R br Pardosi, Robinson Sitorus ST, dr Even Sitorus, St dr Marojahan Nainggolan, dan Ermas br Sitorus.

Bidang Humas Mangiring Sitorus, Cober Sitorus, Sahat Ambarita, dan Hotmaria Susanti br Sitorus. Bidang Adat W Sitorus (Op Upa Sitorus) dan semua Ketua Sektor. Bidang Pendidikan, Pemuda, dan Olah Raga Marlin Sitorus, Manna br Sembiring, dan Riska M br Sitorus. (Ari).