Demokrat

Demokrat

Domian

Domian

Wahyu Sagala

Wahyu Sagala
Minggu, 28 Agustus 2022, 19:41 WIB
Last Updated 2022-08-28T12:41:07Z
Daerah

Wali Kota Siantar Dukung Parade dan Gebyar Berkebaya Nusantara Goes to UNESCO Wilayah Sumut

Parade berkebaya di lapangan Benteng Medan. (Foto/Ari).

Pematang siantar -  nduma.id

Wali Kota Pematang Siantar dr Susanti Dewayani SpA berperan serta dalam Parade dan Gebyar Berkebaya Nusantara Goes to UNESCO Wilayah Sumatera Utara (Sumut). 

Parade tersebut dilaksanakan di Lapangan Benteng Medan, Minggu (28/8/2022) pagi. 

Ketua Panitia Parade dan Gebyar Berkebaya Nusantara Goes to UNESCO Wilayah Sumut, Safitra Tambunan dalam sambutannya menerangkan kebaya adalah warisan budaya Indonesia yang dipercaya sudah ada sejak masa para leluhur. 

Para perempuan yang berada di berbagai daerah Indonesia, katanya, sejak dahulu sudah mengenakan kebaya. 

Sehingga kebaya memiliki arti mendalam dan sudah merupakan jati diri busana Indonesia. 

Parade dan Gebyar Berkebaya Nasional Goes to UNESCO Tahun 2022 terlaksana berkat dukungan dan kolaborasi ibu-ibu Forkopimda Provinsi Sumut serta ibu-ibu Forkopimda dari kabupaten/kota se-Sumut.

“Gebyar Berkebaya Nusantara juga diikuti seluruh perempuan Sumatera Utara tanpa terkecuali untuk menyemarakkan pagelaran hari ini,” sebut Safitra.

Acara tersebut, lanjutnya, merupakan gerakan pelestarian budaya melalui pengenalan dan ajakan mengenakan kebaya kepada generasi muda. 

“Untuk itu kita berkebaya untuk menjadikan kebudayaan ini sebagai jati diri perempuan Indonesia. Sebagai busana asli Indonesia, jangan sampai diambil oleh negara lain. Mari kita berkebaya,” ajaknya.

Disampaikan Safitra, Parade dan Gebyar Berkebaya merupakan bentuk apresiasi perempuan Sumut untuk mengingatkan perempuan Indonesia agar kembali menempati posisinya sebagai pembawa kultur tradisional asli Indonesia melalui berbusana kebaya. 

Sementara itu, Timnas Berkebaya, Lana Koencoro mengatakan tanggal 1 April 2022 pihaknya sudah bekerja sama dengan pemerintah dalam upaya penguatan untuk mendaftarkan kebaya sebagai asli budaya bangsa dan kebaya sebagai warisan budaya ke UNESCO. 

“Sebagai pewaris, kita wajib bekerja sama ikut mempertahankan dan melestarikan aset budaya nasional,” tukasnya. 

Dilanjutkannya, di balik kebaya ada nilai ekonomis. 

“Kita lihat ibu-ibu pada pagi hari ini semua mengenakan kebaya. Ada yang menggunakan kain batik cantik, ada yang pakai songket, dan ada yang pakai tenun. Tentunya itu memberikan nilai ekonomi bagi pengrajin pengrajin kita dan membawa peningkatkan ekonomi setempat," katanya.

Karena itu Dia mengaku bangga dengan acara ini. 

Secara tidak langsung menggerakkan ekonomi.

"Kita juga tentunya sangat apresiasi atas semangat ibu-ibu panitia dan juga para pelaku UMKM yang mau hadir hari ini,” terangnya.

Acara dilanjutkan dengan menyanyikan lagu Ibu kita Kartini. 

Kemudian berjalan keliling Lapangan Benteng Medan, Kebaya Award, dan hiburan. 

Turut hadir, Ketua Bhayangkara Polda Sumut Rita Panca Putra beserta jajaran, organisasi perempuan se-Sumut, pimpinan OPD terkait di lingkungan Pemko Pematang Siantar, para camat se-Kota Pematang Siantar, dan TP PKK Kota Pematang Siantar. (Ari)