Domian

Domian

Wahyu Sagala

Wahyu Sagala
Selasa, 20 September 2022, 00:14 WIB
Last Updated 2022-10-03T17:16:41Z
Dairi

Mahasiswa USU KKNT ke Dairi

Foto Bersama mahasiswa USU. (Foto/Kominfo Dairi)

DAIRI, Sidikalang – nduma.id

181 orang mahasiswa Universitas Sumatera Utara (USU) akan mengikuti Kuliah Kerja Nyata Tematik (KKNT) di 3 kecamatan di Kabupaten Dairi.

Kedatangan para mahasiswa ini disambut Bupati Dairi DR Eddy Keleng Ate Berutu, Selasa (20/09/20220 di halaman kantor bupati.

Seluruhnya berasal dari 3 fakultas yakni Fakultas Hukum, Fakultas Pertanian, dan Fakultas Ilmu Budaya.

Nantinya akan mengadakan KKNT di Kecamatan Siempat Nempu Hulu, Kecamatan Siempat Nempu, dan Kecamatan Silima Pungga-pungga selama 2 bulan kedepan.

Bupati Dairi menyampaikan rasa syukur program seperti ini sudah bisa dilakukan pasca pandemi.

“Yang lebih bersyukurnya Kabupaten Dairi dijadikan lokus untuk KKNT mahasiswa USU. Maunya sih KKN ini dilakukan di semua kecamatan,” katanya.

Bupati berharap mahasiswa bisa berbaur bersama masyarakat didampingi pemerintah kecamatan dan pemerintah desa sehingga melahirkan inspirasi yang bisa dibawa ke kota, dan sebaliknya masyarakat akan mendapat saudara baru, juga informasi yang lebih banyak.

Dijelaskan di Dairi pertanian merupakan penopang kehidupan keluarga walau banyak warga yang berprofesi sebagai PNS atau pengusaha secara umum mereka juga memiliki lahan pertanian.

“Pertanian adalah penopang ekonomi karena pertanian menyumbangkan nilai ekonomi tertinggi disini. Mudah-mudahan adik mahasiswa nantinya bisa merasakan.Kami sedang menunggu petani milenial saaat ini. Jadi kehadiran adik-adik, saya harap bisa kasih masukan. Semoga kegiatan ini membangkitkan pengabdian pada masyarakat kita ingin membangun dari desa. Kami juga menunggu masukan dari adik-adik semua nanti setelah KKNT sebagai input bagi kami agar bisa melakukaan evaluasi,” kata Bupati.

Sebelumnya, Ketua KKNT USU, Ismayadi menyampaikan terimakasih yang sebesar-besarnya kepada Pemerintah Kabupaten Dairi atas sambutan hangat yang diberikan kepada seluruh rombongan.

Ia juga menyampaikan, bahwa dalam kegiatan KKNT nanti, ke 181 mahasiswa ini akan didampingi oleh 9 dosen pembimbing.

“Terimakasih sudah menerima kami dengan luar biasa dan penuh semanagat. Semangat ini juga yang akan kami bawa ke tengah-tengah masyarakat karena tantangan terbesarnya adalah karena kami juga akan membawa nama besar USU ditengah masyarakat,” ujarnya singkat.

Ia menyampaikan KKNT ini bersifat reguler dimana selama 2 bulan kedepan para mahasiswa akan berada di masyarakat yang nantinya mereka akan melalukan kegiatan sesuai dengan proposal yang sudah disiapkan pada saat survey diawal.

Pelepasan mahasiswa KKNT USU ini turut dilepas oleh Asisten perkonomian, Jonny W Purba, Asisten, Asisten Pemerintahan, Jhony Hutasoit, Asisten Administrasi Umum, Eddy Banurea, serta camat dari 3 kecamatan yang menjadi lokasi KKNT.

(Kominfo Dairi/nd1).