Halim Lumban Batu

Halim Lumban Batu

Wahyu Sagala

Wahyu Sagala

Pemko Siantar

Pemko Siantar
Rabu, 21 September 2022, 09:39 WIB
Last Updated 2022-09-21T02:40:37Z
Nasional

Punguan Raja Marpaung Indonesia Rakernas II

Rakernas II Marboni. (Foto/Junjungan).

Bekasi - nduma.id

Punguan Pomparan Raja Marpaung  Indonesia-Dunia (MARBONI) Rapat Kerja Nasional II di Hotel Santika Bekasi Jawa Barat, Sabtu 10 September 2022 lalu.

Rakernas membahas dan menyerahkan Rencana Kerja Tahun 2022 dan 2023.  

Masing-masing Ketua Bidang diminta menyusun program kerja  untuk periode 2022-2023, yang dikoordinir oleh para Wakil Ketua Umum sesuai dengan koordinasi bidangnya. 

Rakernas menghasilkan program kerja di bidang organisasi dan Pengkaderan/ Pemuda, Bidang Adat dan Budaya, Bidang Sosial, Bidang Humas dan Komunikasi, Bidang Hukum dan Pelayanan Masyarakat.

Kemudian, Bidang Pariwisata, Ekonomi Kreatif & Koperasi, Bidang Hubungan Dalam Negeri, Bidang Hubungan Luar Negeri, Bidang Pendidikan dan Kesenian, Bidang Kesehatan dan Pemberdayaan Perempuan, Bidang Kerohanian dan Bidang IT & Digitalisasi.

Ketua Umum Marboni, Kapler Marpaung mengajak  semua pengurus, untuk benar-benar  mau memberikan waktu, pikiran, tenaga bahkan materi untuk kemajuan Marboni yang pada akhirnya akan memberikan manfaat kepada anggota punguan. 

"Menjadi pengurus MARBONI adalah pekerjaan sosial dan merupakan tanggungjawab sosial sebagai warga Marpaung. Sebagai pengurus harus benar-benar ada jiwa militan dalam memberikan kontribusi yang konkrit, bukan kontribusi yang semu yang namanya ada sebagai pengurus tetapi tidak memberikan karya yang berarti kepada MARBONI," kata Kapler.

Beberapa program kerja yang di setujui seperti masalah Kerjasama dengan group Gajah Tunggal melalui anak usahanya dalam pendirian usaha bengkel Motor yang diharapkan sudah mulai beroperasi dalam waktu dekat, untuk beberapa gerai/bengkel. 

Bidang Sosial juga menjadi satu program yang disepakati untuk betul-betul di gerakkan dalam membantu anggota yang meghadapi masalah-masalah sosial dan kemasyarakatan. 

Demikian juga Bidang Hukum dan Pelayanan  Masyarakat. 

Bidang Organisasi dan Pengkaderan/Pemuda harus bergerak dinamis mengingat Marboni adalah organisasi yang baru berdiri. 

Demikian juga bidang Adat dan Budaya serta Bidang Pendidikan haruslah betul-betul memberikan warna kepada MARBONI.

"Pokoknya semua Bidang harus aktif berkarya, jangan nanti ada Bidang yang tidak berkarya sampai periode kepengurusan berakhir. Malu kita," tutur Kapler.

Disepakati juga akan dibentuk Badan Hukum Marboni atau Kantor Hukum Marboni yang akan berkantor di Sekretariat Marboni jalan Kesehatan Raya Jakarta Pusat.

Untuk sementara Kantor Hukum ini diperuntukkan pemberian dalam pembelaan hukum bagi keluarga besar Marpaung di Indonesia yang dikoordinir Ketua Bidang Hukum Marboni, Adri Marpaung, SH.

Kapler juga menyampaikan ucapan terima kasih dan apresiasi kepada panitia Rakernas yang diketuai oleh St. Damaris yang telah terlaksana dengan baik.

Pengurus Harian DPP Marboni yang hadir di Hotel Santika Bekasi antara lain St.Kapler Marpaung (Ketum), St.Damaris Marpaung (Sekjen), Gabriel Marpaung (Bendum), Eduard Marpaung (Wasekjen), Jimmi Marpaung (Wasekjen) dan Rommel Marpaung (Waketum I).

Peserta  lainnya mengikuti  melalui online zoom. Badan Pengurus Harian lainnya yang turut mengikuti secara virtual antara lain Tunggul Marpaung – Batam ( Waketum II), St.Masinton Marpaung- Yogyakarta (Waketum III), St. Harrris Mahadi Marpaung – Bali (Wasekjen), dan para  anggota pengurus DPP lainnyaa serta Ketua-Ketua Wilayah Marboni turut mengikuti secara virtual.

Sebelum Rakernas dimulai, didahului dengan acara Webinar dengan topik : Eksistensi  Marpaung Clan Dalam Bela Negara” yang disampaikan oleh Ketua Dewan Pengawas Marboni Brigjen TNI (Purn) Rufbin Marpaung.  

Rufbin dalam makalahnya memaparkan tentang arti Bela Negara, eksistensi Marpaung dalam bela negara, sejarah ringkas Bangso Batak dan implementasi Bela Negara. 

Melalui webinar Rufbin mengajak keturunan Raja Marpaung di Indonesia dan Dunia supaya kembali menggelorakan semangat juang pendahulu-pendahulu Marpaung untuk di ikuti dalam berbangsa dan bernegara. 

Apa yang disampaikan oleh Brigjen Rufbin diharapkan memberikan motivasi kepada generasi muda Marpaung, khususnya para pengurus DPP Marboni dapat berkarya untuk kemajuan Marpaung secara bersama-sama. 

Berkarya melalui Perkumpulan Marpaung Clan berarti, itu berarti sudah melaksanakan bela negara. (Junjungan).