DPM

DPM

Polres

Polres

Balon Golkar

Balon Golkar
Rabu, 19 Oktober 2022, 09:52 WIB
Last Updated 2022-10-19T02:52:35Z
DairiMahasiswa

Mahasiswa USU Sosialisasi Etika Bermedsos di SMA N 1 Sinehu

Peserta Sosialisasi Etika Bermedsos di SMA N 1 Sinehu. (Foto/Kominfo Dairi)

DAIRI, Siempat Nempu Hulu – nduma.id


Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Dairi diundang sebagai narasumber pada sosialisasi etika bermedia sosial untuk Remaja di SMAN 1 Sinehu, Senin (17/10/2022).



Sosialisasi Etika Bermedia Sosial itu di gelar Mahasiswa USU yang sedang Kuliah Kerja Nyata Tematik (KKNT) di Kecamatan Siempat Nempu Hulu (Sinehu).


Kepala Diskominfo, Aryanto Tinambunan melalui Kabid Sumber Daya Komunikasi Publik dan Akses Informasi Judit Rosdiana Papilaya Napitu, mengatakan etika ketika bermedia sosial sangatlah penting apalagi saat ini semua yang telah kita posting di media sosial kita akan meninggalkan jejak digital dan diketahui oleh banyak orang.


“Sebelum memposting apapun dalam media sosial, kita harus berhati-hati dan pikirkan terlebih dahulu apakah postingan kita itu tidak menjelekkan atau merugikan seseorang. Apalagi saat ini sudah ada Undang – Undang Nomor 19 Tahun 2016 tentang Informasi dan Transaksi Elektronik, apabila adik-adik memposting suatu hal yang dapat mencemarkan atau merugikan orang lain bisa dikenai sanksi hukum,” Ujarnya.


Selanjutnya, Judit juga meminta kepada siswa SMAN 1 Sinehu untuk hati-hati dalam menyebarkan informasi, selalu menggunakan etika ketika berinteraksi dengan siapapun di internet, berhati-hati terhadap akun tidak kenal dan, diminta untuk selalu memastikan unggahan di media sosial tidak mengandung atau menyinggung isu SARA yang sangat sensitif, kekerasan atau sadisme, pornografi, perjudian online, dan informasi lainnya yang menyesatkan.


“Mari kita gunakan media sosial kita untuk hal yang positif seperti membangun relasi dan pergunakan media sosial untuk proses pengembangan diri. Kita juga harus perhatikan etika saat mengunggah sesuatu dengan menulis sumber foto atau kutipan serta tidak mengunggah sesuatu yang tidak jelas sumbernya untuk menghindari hoax atau berita palsu,” tuturnya.


Bijak bermedia sosial kata Judit salah satu bentuk gerakan menciptakan Generasi Emas, Generasi Unggul seperti yang selalu digaungkan Bupati Dairi Eddy Berutu.


Dikatakan Generasi sekarang ini sudah berhubungan erat dengan teknologi, salah satunya dengan menggunakan media sosial sebagai salah satu sarana untuk mengekspresikan diri.


“Generasi Unggul salah satu ciri yang dimiliki adalah Generasi yang bijak menggunakan media sosial dengan memperhatikan etika dalam media sosial. Boleh mengekspresikan diri tapi tetap pada jalur yang positif.” tutur judit


Camat Sinehu, Koko Angkat diwakili T Sitompul meminta kepada seluruh siswa SMAN 1 Sinehu untuk dapat membatasi diri saat menggunakan media sosial.


Sitompul mengajak, kepada seluruh pelajar untuk menggunakan platform media sosial hanya saat dibutuhkan bukan di inginkan


“Pergunakan seadanya dan untuk kebutuhan yang diperlukan, apalagi kalian masih remaja karena seperti saat ini banyak yang bermasalah dengan hukum karena tidak punya etika bermedia sosial,” ucapnya.


Selanjutnya, ketua KKNT 97 Silumboyah Poltak Situmeang, mengucapkan terimakasih kepada Diskominfo Dairi karena telah bersedia menjadi narasumber pada kegiatan sosialisasi Etika Bermedia Sosial untuk remaja


“Terimakasih sudah bersedia menjadi narasumber dan ini juga merupakan pelajaran bagi kami semua, untuk lebih berhati-hati dalam menggunakan media sosial kedepannya,” katanya.


Kasek SMAN 1 Sinehu, Antoni Tarigan melalui Wakasek bidang kesiswaan Jonris Purba juga mengucapkan terimakasih kepada narasumber dan KKNT USU karena melakukan sosialisasi Etika Bermedia Sosial di sekolah mereka.


Jonris berharap, seluruh siswa SMAN 1 Sinehu dapat menerapkan segala hal yang disampaikan oleh narasumber.


(Kominfo Dairi/nd1).