Domian

Domian

Wahyu Sagala

Wahyu Sagala
Jumat, 14 Oktober 2022, 20:28 WIB
Last Updated 2022-10-14T13:28:55Z
Siantar

PDI Perjuangan Gelar Psikotes Bakal Caleg Pemilu 2024

Djarot Saipul Hidayat. (Foto/Ari).

Pematang Siantar - nduma.id


Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDI P) menggelar test tertulis dan psikotest online, kepada bakal calon legislatif yang akan diajukan di Pemilu 2024, Jumat, (14/10/2022).


Sebanyak 26 ribu bakal calon anggota legislatif ikut, akan digelar secara online pada 14 Oktober hingga 5 November 2022 mendatang.


"Ini adalah psikotes gelombang I, dimana sebelumnya PDI Perjuangan sudah melakukan penjaringan bacaleg anggota legislatif," sebut Djarot Saiful Hidayat,


Djarot menerangkan bahwa psikotes ini dilakukan untuk mengetahui dan membaca kadar ideologi, integritas, kepemimpinan, serta apakah calon tersebut mempunyai daya tahan mengatasi permasalahan.


Kemudian didalam penjaringan ini, partai akan betul-betul merekrut calon-calon yang punya rekam jejak integritas yang tangguh.


"Jadi nggak sembarangan, ini bentuk dari proses penggemblengan dan kaderisasi kepemimpinan yang dilakukan partai," tambah Djarot.


Kemudian tahap kedua, akan ada wawancara kepada para peserta. Penjaringan yang ketiga untuk DPR RI itu menjadi kewenangan dewan pimpinan pusat (DPP).


Djarot pun menambahkan bahwa psikotes setiap hari dibagi dua batch, pagi dan siang. 


Bakal caleg ketika mengikuti zoom wajib menggunakan nomor tes yang telah diberikan dan nama singkat.


Selama berlangsung tes, bacaleg wajib mengaktifkan kamera video zoom karena akan diawasi langsung oleh HIMPSI dan Sekretariat DPP Partai.


Kemudian, untuk peserta yang akan meninggalkan posisinya dari kamera video zoom, wajib menyampaikan ijin kepada Pengawas melalui chatt room.


Perlu diketahui, Ketua DPP Bidang Ideologi, Djarot Saiful Hidayat membuka pelaksanaan psikotes hari pertama di kantor DPC PDI Perjuangan kota Pematang Siantar. (Ari)