DPM

DPM

Polres

Polres

Balon Golkar

Balon Golkar
Senin, 17 Oktober 2022, 17:22 WIB
Last Updated 2022-10-21T10:31:19Z
OlimpiadePakpak BharatPelajar

Pelajar Asal Pakpak Bharat Raih Gold Certificate National Selection

Bupati Pakpak Bharat Foto bersama Peserta ASMOPSS Pakpak Bharat. (Foto/Kominfo Pakpak Bharat).

PAKPAK BHARAT, Salak – nduma.id


Sahpen Berutu, putra pasangan Derianto Berutu dan Nurlia Bancin, pelajar asal Kecamatan Sitellu Tali Urang Julu berhasil meraih Gold Certificate National Selection.


Prestasi bergengsi tingkat Nasional ini di torehkan dalam mengikuti ajang Asian Science and Mathematical Olympiad for Primary and Secondary School untuk tahap 1 Nasional menuju Internasional yang dilaksanakan pada tanggal 10 September 2022 yang lalu di SMA Citra Kasih, Jakarta.


Kepastian akan hal ini disampaikan oleh Bupati Pakpak Bharat, Franc Bernhard Tumanggor melalui Kepala Dinas Pendidikan Pakpak Bharat, Drs Manihar Tumanggor, yang turut mendampingi para pelajar asal Pakpak Bharat dalam gelaran ini.


“Puji Tuhan satu dari dua anak didik kita, yakni Sahpen Berutu asal SD 034815 Singgabur meraih kategori Gold Certificate National Selection dan akan masuk ke seleksi tahap kedua Nasional menuju Internasional. Mohon doa seluruh masyarakat Pakpak Bharat untuk keberhasilan putra/putri terbaik kita dalam menuju Olimpiade internasional ini,” ungkap Manihar Tumanggor.


Diketahui bahwa Surya Institute (SI) melalui divisi Surya Institute for the Promotion of Science (SIPS) sebagai Sekretariat Asian Science and Mathematics Olympiad for Primary & Secondary School (ASMOPSS) akan kembali menggelar ajang ASMOPSS yang ke dua belas (ASMOPSS 12) dengan mengundang negara-negara asia peserta lainnya untuk berpartisipasi dalam ajang olimpiade ini.


ASMOPSS 12 sendiri rencananya akan diselenggarakan pada November 2022 mendatang.


Guna mempersiapkan tim yang akan mewakili Indonesia di ajang ASMOPSS 12 tersebut, SI kembali menyelenggarakan Road to ASMOPSS 12 sebagai seleksi tahap awal atau regional dan mengundang para peserta dari tingkat Sekolah Dasar dan tingkat Sekolah Menengah Pertama dari berbagai Provinsi di Indonesia.


Road to ASMOPSS 12 telah dilaksanakan pada Sabtu, 10 September 2022 lalu di berbagai Kota seperti Medan, Pekanbaru, Batam, Palembang, Jakarta, Surabaya, Sidoarjo, Ponorogo, Tuban, Kediri, Banyuwangi, Samarinda, Balikpapan, Ambon, Makassar, Bali, Mataram dan Timika.


Total peserta yang mengikuti Road to ASMOPSS 12 sebanyak 928 siswa dari berbagai sekolah di Indonesia dengan rincian peserta Sains SD sebanyak 181 orang, Peserta Matematika SD sebanyak 313 orang, Peserta Sains SMP sebanyak 166 orang, dan Peserta Matematika SMP sebanyak 268 orang.


Dalam ajang seleksi Asian Science and Mathematical Olympiad for Primary and Secondary School untuk tahap I Nasional ini Pakpak Bharat menyertakan dua orang pelajar terbaiknya.


Mereka adalah Sahpen Berutu dari SD 034815 dan Moria Lumbantobing dari SD 030436 Kerajaan.


Dua orang siswa teladan ini bahkan telah mengikuti bimbingan dan pembinaan khusus dari Prof. Johannnes Surya, penemu dan pencetus metode matematika GASING (Gampang, Asyik, Menyenangkan).


Sementara itu Bupati Pakpak Bharat, Franc Bernhard Tumanggor menyampaikan rasa bangga dan apresiasi atas capaian ini.


“Tekad kita untuk membangun sistem Pendidikan di Pakpak Bharat tidak akan pernah pudar, perlahan dan perlahan kita akan membangun generasi emas Pakpak Bharat yang unggul, handal dan cerdas,” ucap bupati.


(Kominfo Pakpak Bharat/nd1).