Domian

Domian

Wahyu Sagala

Wahyu Sagala
Selasa, 11 Oktober 2022, 21:47 WIB
Last Updated 2022-10-11T14:47:38Z
Dairi

Pemkab Dairi dan Kanwil Kemenkumham Sumut Teken MoU

Bupati Dairi dan Kakanwil Kemenkumham Sumut Tandatangan MoU. (Foto/Kominfo Dairi).

Medan – nduma.id


Pemkab Dairi dan Kantor Wilayah (Kanwil) Kemenkumham Sumut sepakat menjalin sinergitas dalam pelaksanaan hukum dan Hak Asasi Manusia (HAM) di Kabupaten Dairi.


Kesepakatan itu tertuang dalam nota kesepahaman atau Memorandum of Understanding (MoU), ditanda tangani Bupati Dairi Dr Eddy Keleng Ate Berutu bersama Kepala Kantor Wilayah (Kakanwil) Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia (Kemenkumham) Sumatera Utara, Imam Suyudi.


“Kami selalu berkomitmen untuk meningkatkan kesadaran hukum dan Hak Asasi Manusia di Dairi. Perlu saya sampaikan Pemkab Dairi melakukan berbagai kegiatan kesadaran hukum dan HAM serta fokus terhadap peningkatan, upaya perlindungan, pemajuan, pemenuhan, penegakan, dan penghormatan HAM melalui program Rencana Aksi Nasional Hak Asasi Manusia,” ucap Bupati.


Ruang lingkup nota kesepahaman dikatakan sangat luas. 


Ada penyusunan produk hukum, peningkatan pemahaman hak kekayaan intelektual kepada instansi pemerintah daerah.


Selanjutnya kata Bupati, ada pembinaan, pendaftaran, inventarisasi hak kekayaan intelektual komunal dan penegakan hukum hak kekayaan intelektual. 


Kemudian pembinaan hukum dan hak asasi manusia melalui penyuluhan hukum terpadu, pembentukan dan pembinaan desa atau kelurahan binaan dan desa atau kelurahan sadar hukum dan konsultasi hukum di Kabupaten Dairi


“Dalam kegiatan ini, Pemkab Dairi juga mendorong dan memfasilitasi pengembangan hak kekayaan Intelektual di Kabupaten Dairi,” jelasnya.


Kanwil Kemenkumham, Imam Suyudi mengatakan melalui pelaksanaan nota kesepahaman ini dapat menguatkan komitmen dan sinergitas untuk mengimplementasikan seluruh kerja sama.


(Kominfo Dairi/nd1).