Demokrat

Demokrat

Wahyu Sagala

Wahyu Sagala

Halim Lumban Batu

Halim Lumban Batu

Pemko Siantar

Pemko Siantar
Senin, 24 Oktober 2022, 09:37 WIB
Last Updated 2022-10-25T00:49:38Z
BasarnasDanau TobaPasir PutihTOBA

Tim SAR Cari Warga Siantar Hilang di Perairan Danau Toba

Tim SAR di pantai Danau Toba. (Foto/Sariman).


Toba - nduma.id


Satu tim Rescuer Pos SAR Danau Toba berjumlah 7 orang diturunkan melakukan pencarian pria hilang diduga tenggelam di perairan Danau Toba.


Pria itu dikabarkan hilang pada Minggu 23 Oktober 2022, tepatnya di Desa Parparean 2 Kecamatan Porsea Kabupaten Toba.


Kepala Basarnas Medan Budiono, melalui Koordinator Pos SAR Danau Toba Hisar Turnip,  mengatakan pria hilang itu atas nama Robby Hutauruk (43) warga Kecamatan Siantar Martoba Kota Pematang Siantar.


" Kita terima informasi pada Minggu malam, selanjutnya tim langsung bergerak menuju lokasi," kata Hisar Turnip, Senin (24/10/2022).


Setibanya di lokasi kemarin, tim katanya langsung berkoordinasi dengan seluruh instansi terkait yang sudah berada di TKP.


Karena kondisi sudah gelap, operasi SAR kemudian diputuskan untuk dilanjutkan Senin pagi ini. 


Tim hari ini akan melakukan pencarian dengan cara penyelaman dan menggunakan alat Aqua Eyes, untuk mendeteksi keberadaan korban di dalam air.


"Setelah posisi korban terdeteksi kemudian dilakukan penyelaman, harapan semoga korban secepatnya kita temukan." ucap Hisar.


Sebelumnya kata Hisar Turnip pihaknya menerima Informasi  pertama kali Kabid Kedaruratan BPBD Kabupaten Toba melalui sambungan telepon. 


Dari kronologis diterima, korban bersama rombongan jemaat gereja berjumlah sekitar 60 orang datang dari Pematang Siantar ke Pantai Pasir Putih Danau Toba Desa Parparean 2 Kecamatan Porsea Kabupaten Toba pada Minggu, 23 Oktober 2022 sekitar pukul 09.00 WIB.


Di lokasi rombongan kebaktian rohani, selanjutnya bermain dan berenang di sekitar Pantai Pasir Putih. 


Sekitar Pukul 14.00 WIB rombongan kembali ke bibir pantai untuk makan siang bersama.


Salah seorang dari rombongan sempat melihat korban berjalan kearah Danau Toba dan berenang, tak berselang lama korban tidak lagi kelihatan.


Hingga sore hari korban tak kunjung ditemukan dan diduga hilang di Danau Toba. (nd1).