Domian

Domian

Wahyu Sagala

Wahyu Sagala
Kamis, 13 Oktober 2022, 17:31 WIB
Last Updated 2022-10-13T10:31:31Z
Siantar

TP PKK Kota Pematang Siantar Monitoring Kelurahan Percontohan di Timbang Galung

Foto bersama TP PKK Monitoring. (Foto/Ari).

Pematang Siantar - nduma.id


Tim Penggerak (TP) PKK Kota Pematang Siantar monitoring Kelurahan Percontohan Pelaksana Tertib Administrasi PKK, Usaha Peningkatan Pendapatan Keluarga (UP2K) di Kelurahan Timbang Galung. 


Monitoring berlangsung di Kantor Lurah Timbang Galung, Jalan Menambin Kecamatan Siantar Barat, Rabu (12/10/2022).


Lurah Timbang Galung Herwan AR Saragih menyambut baik kunjungan Tim Supervisi PKK Kota Pematang Siantar di Kantor Lurah Timbang Galung.


"Kunjungan ini nantinya dapat memberikan masukan positif bagi kelurahan, termasuk kecamatan," katanya.


Dia berharap melalui kegiatan TP PKK Kecamatan dan Kelurahan dapat melaksanakan komitmen dalam rangka memberdayakan masyarakat menjadi lebih Sehat, Sejahtera, dan Berkualitas.


Sedangkan Ketua TP PKK Kelurahan Timbang Galung, Widia Herwan Saragih dalam laporannya menyampaikan, PKK akan selalu membina dan mengembangkan ketahanan serta kemandirian keluarga melalui berbagai upaya peningkatan ketahanan ekonomi keluarga dalam mewujudkan keluarga sejahtera.


"Salah satu upaya tersebut adalah pengembangan kelompok Usaha Peningkatan Pendapatan Keluarga (UP2K-PKK) yang ada di Kelurahan Timbang Galung Kecamatan Siantar Barat Kota Pematang Siantar," sebutnya.

 

Dilanjutkannya, UP2K-PKK adalah suatu program bertujuan untuk lebih meningkatkan peran kader dalam rangka membantu keluarga-keluarga agar mampu mewujudkan kesejahteraan hidup melalui peningkatan usaha ekonomi mikro dan kecil serta untuk menumbuhkan jiwa kewirausahaan. 


Dalam pelaksanaan program UP2K-PKK di Kelurahan Timbang Galung, katanya,  diarahkan untuk meningkatkan peran serta ibu rumah tangga/keluarga dalam pemberdayaan ekonomi keluarga sekaligus merupakan forum belajar berwirausaha dan meningkatkan keterampilan usaha Ekonomi Produktif Keluarga melalui Poksus UP2K-PKK. 


"Di UP2K-PKK ini pula para anggota bisa belajar menabung melalui Kelompok Simpan Pinjam yang dilaksanakan oleh pengurus dan kader-kader PRK," jslasnya.


Manfaat lain yang diperoleh adalah untuk menghindari keluarga terjebak rentenir yang menghancurkan ekonomi keuangan keluarga.


Dalam kesempatan itu Widia menerangkan, Poklak UP2K-PKK Bidang Usaha Home Industry Kelurahan Timbang Galung terdiri atas beberapa kegiatan usaha ekonomi produktif antara lain Usaha Peyek Kacang beranggotakan 4 orang, usaha Kripik Ubi beranggotakan 4 orang, usaha Kue Akar Kelapa beranggotakan 2 orang, Poklak UP2K-PKK Bidang Usaha Jamu Kelompok Usaha UP2K-PKK Kelurahan Timbang Galung di bidang Menjahit Pakaian.


Sementara itu, Ketua PKK Kota Pematang Siantar H Kusma Erizal Ginting yang dibacakan Ketua Bidang Pokja II Hotmaria Herbet Aruan  mengatakan, TP PKK Kota Pematang Siantar akan melakukan monitoring sesuai lomba yang telah ditetapkan.


"Kami telah melakukan supervisi pada bulan September yang lalu. Jadi ini merupakan tahap kedua dari lomba kita sebelum kita nanti dievaluasi. Dalam monitoring inilah kami akan melihat sudah sampai sejauh mana kelurahan ini berbuat setelah disupervisi. Semoga pada monitoring ini sudah ada peningkatan baik kualitas maupun kuantitas," terangnya.


Dilanjutkannya, sesuai hasil Rakerda PKK Provinsi Sumatera Utara, setiap tahunnya TP PKK Kota Kabupaten membina satu kelurahan dari setiap kecamatan untuk disupervisi, monitoring, dan evaluasi setingkat di atasnya. 


"Juara I dari hasil evaluasi Kelurahan Percontohan diajukan ke Tim Penggerak PKK Provinsi untuk disupervisi, monitoring, dan evaluasi pada tahun 2023," paparnya. 


Lebih lanjut disampaikan, monitoring yang dilakukan TP PKK Kota Pematang Siantar ini masih ada kesempatan untuk memperbaiki kekurangan agar nanti saat evaluasi sudah tercapai apa yang diharapkan. 


"Rangkullah semua TP PKK dan masyarakat serta bekerja samalah dengan lintas sektoral terkait atau lembaga swasta lainnya yang dapat mendukung terlaksananya kegiatan lomba ini dengan baik," pintanya. 

  

Selanjutnya Tim Monitoring PKK Kota Pematang Siantar melakukan tanya jawab serta melihat segala yang menjadi penilaian dan juga perlu diperbaiki dalam mengikuti lomba UP2K-PKK untuk tingkat Kota Pematang Siantar, dan nantinya akan menjadi utusan Kota Pematang Siantar di Tingkat Provinsi Sumut.


Turut hadir, Ketua TP PKK Kecamatan Siantar Barat Ny Pardomuan Nasution;  Pokja I Ny Susanti Dedy Tunasto; Pokja II Andi Spriadi; Pokja III Joice Simanjuntak; Wakil Ketua Pokja IV Rasta Eliya Ginting; dan para kader TP PKK Kelurahan Timbang Galung. (Ari)