Domian

Domian

Wahyu Sagala

Wahyu Sagala
Sabtu, 05 November 2022, 14:34 WIB
Last Updated 2022-11-05T07:34:35Z
Partai PolitikPDI PPemiluSiantar

PDI Perjuangan Siantar Latih Pelatih Saksi Untuk Pemilu 2024

Timbul Lingga Ketua DPC PDI Pematang Siantar dalam kegiatan pelatihan pelatih saksi. (Foto/Ari). 

Pematang Siantar - nduma.id


Dewan Pimpinan Cabang (DPC) PDI Perjuangan Pematang Siantar melatih puluhan pelatih saksi daerah untuk pelaksanaan Pemilu 2024, Sabtu (5/11/2022).


Pelatihan dilaksanakan di kantor DPC PDI Perjuangan Pematang Siantar, Jalan Ricardo Siahaan, Kelurahan Aek Nauli, Kecamatan Siantar Selatan, Pematang Siantar.


“Ada sebanyak 32 orang utusan Pengurus Anak Cabang (PAC) dan pengurus anak ranting PDI Perjuangan dan dilaksanakan selama dua hari,” kata Ketua DPC PDI Perjuangan Pematang Siantar, Timbul Lingga S.H.


Timbul menambahkan kegiatan tersebut sebagai upaya untuk meningkatkan pengetahuan dan keterampilan menjadi pelatih saksi di tingkat kecamatan hingga TPS.


“Masalah pelatihan saksi ini sangat penting, agar nantinya suara tidak dicurangi oleh orang lain. Kuncinya ada di saksi,” imbuhnya.


Lebih lanjut, Timbul menambahkan saksi itu harus memahami mengenai C1 baik itu plano maupun rekapnya, para peserta juga harus tahu bagaimana membedakan antara kartu suara rusak dengan kartu suara yang keliru atau salah saat mencoblos.


Dalam kegiatan itu, para peserta diberikan sejumlah metode pembelajaran seperti ceramah, diskusi hingga simulasi pelaksanaan hari H pemungutan suara.


Perlu diketahui, pelatihan pelatih saksi dilakukan oleh Badan Saksi Pemilu Nasional (BSPN) Pusat didampingi BSPN Sumut.


Kegiatan akan dilaksanakan dua hari, tanggal 5 November 2022 sampai 6 November 2022. (Ari)