DPM

DPM

Polres

Polres

Balon Golkar

Balon Golkar
Rabu, 16 November 2022, 13:28 WIB
Last Updated 2022-11-16T23:58:04Z
DairiKPUPemilu 2024

Sekarang Enak Sambil Ngopi Bisa Daftar PPK atau PPS di KPU Dairi

Ariyanto Tinendung Sosialisasi SIAKBA. (foto/Rudi).

DAIRI, Sumbul - nduma.id


Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Dairi Sumatera Utara  terus memantapkan dan mempertajam sosialisasi Sistem Informasi Anggota KPU dan Badan Ad Hoc (SIAKBA) pada pemilu serentak 2024.

Sosialisasi kali ini berlanjut  di Daerah Pemilihan IV di Kabupaten Dairi.

Ariyanto Tinendung, Komisioner KPU Dairi Divisi Sosialisasi mengatakan kedepan KPU hanya menerima berkas-berkas lewat aplikasi.

Karena itu Ariyanto menghimbau Bagi warga Dairi yang berminat menjadi petugas badan ADHOC di KPU Dairi agar menyiapkan diri menguasai teknologi.

"Sekarang enak, sambil ngopi-ngopi di depan komputer bisa daftar PPK atau PPS. Jadi enak sekarang kalau ngerti teknologi. Cukup sejam 2 jam sudah bisa," kata Ariyanto, Rabu (16/11/2022).

Sebelumnya kata Ariyanto, warga yang mau mendaftar harus datang ke KPU membawa berkas persyaratan.

"Dulu berkas di bawa semua. Butuh uang 50 ribu ngantar berkas saja. Itupun belum tentu lulus, belum lagi kalau hujan, berkas hancur. Kemudian berkas di KPU numpuk bikin sakit kepala," ujar Ariyanto.

Rekrutmen badan Ad Hoc disebut Ariyanto sudah di depan mata, kalau tidak ada perubahan 4 hari kedepan sudah dibuka.

Karena itu bagi warga yang berminat sudah bisa mempersiapkan diri sesuai persyaratan yang bisa dilihat di aplikasi Siakba.

KPU Dairi akan merekrut 5 orang Panitia Pemilih Kecamatan di tiap kecamatan dan 3 orang Panitia Pemungut Suara di tiap desa.

"Kalau ada keluarga kita yang berminat mohon di sarankan belajar jangan disarankan melobi supaya lulus," ujarnya.

Sosialisasi Siakba di gelar di Aula Kantor Camat Sumbul. 

Dihadiri 115 orang perwakilan dari 3 kecamatan dan 37 desa di Dapil IV.

Camat Pegagan Hilir Abdimar Tamba menghimbau agar informasi dari sosialisasi Siakba itu nantinya disampaikan kepada masyarakat sebanyak-banyaknya agar kelak terpilih PPK dan PPS berkualitas.

"Jangan seperti pada Pemilu lalu 2019, dimana PPK dan PPS banyak mandul karena ke kurang pemahaman akan tupoksi. Jadi dengan aplikasi ini, semoga terpilih yang terbaik dan pemilu berkualitas," ujar Tamba mantan PPK Kecamatan Sitinjo.

Sebelumnya sosialisasi Siakba ini sudah di gelar di Dapil II dihadiri 121 peserta.


Penulis : Rudi


Editor : Novel