Demokrat

Demokrat

Domian

Domian

Wahyu Sagala

Wahyu Sagala
Sabtu, 24 Desember 2022, 17:38 WIB
Last Updated 2022-12-25T10:42:46Z
KaroNatalTahun BaruTest Urune

Bus Terminal Kabanjahe Cek Kelayakan Pengemudi Tes Urine

Kepala UPT Terminal Kabanjahe Muchsin Harahap. (Foto/Bayu)

KARO, Kabanjahe - nduma.id


Menghadapi libur Natal 25 Desember 2022 dan Tahun Baru 2023, Dinas Perhubungan Provinsi Sumatera Utara bersama dengan Jasa Raharja  Kabupaten Karo melakukan cek Kelayakan Bus di terminal Kabanjahe, Kabupaten Karo, Sumatera Utara.


Setiap armada bus yang akan memasuki terminal di periksa fungsi kelistrikan dan mekanikal oleh petugas, seperti pemeriksaan lampu utama, lampu sein, dan rem.


Kepala UPT Terminal Kabanjahe Muchsin Harahap mengatakan pemeriksaan dilakukan untuk memastikan kondisi bus selama perjalanan dalam keadaan baik dan layak jalan.


“Seluruhnya harus dalam kondisi baik, begitu juga surat-surat kendaraan dan SIM pengemudi harus dalam kondisi layak,” kata Muchsin, Jumat (23/12/2022).


Hal Ini untuk menciptakan keamanan dan kenyamanan masyarakat dalam melakukan mudik atau perjalanan Natal dan Tahun Baru, sehingga tidak terjadi hal-hal yang tidak di inginkan seperti kecelakaan lalu lintas.


Setiap kendaraan yang sudah lulus uji maka akan di persilahkan untuk jalan.


Pemeriksaan kendaraan ini katanya akan dilakukan dua gelombang, sebelum perayaan Natal dan sebelum Tahun Baru.


Kepada pengelola armada bus maupun supir diharapkan memastikan kondisi kendaraannya layak jalan sebelum melakukan perjalanan.


Selain pemeriksaan kendaraan Badan Narkotika Nasional Kabupaten Karo juga melakukan pemeriksaan kesehatan dan tes urin kepada pengemudi.


Petugas juga menyiagakan posko kesehatan di lokasi terminal, jika supir maupun masyarakat yang mengeluh sakit dapat langsung memeriksakan kesehatannya.


Penulis : Bayu

Editor : Rudi