Demokrat

Demokrat

Domian

Domian

Wahyu Sagala

Wahyu Sagala
Sabtu, 03 Desember 2022, 21:02 WIB
Last Updated 2022-12-04T09:57:41Z
Permodalan Nasional MadaniSiantarUMKM naik kelas

Community Leaders Pematang Siantar Dorong Insan PNM Dukung UMKM Indonesia Naik Kelas

Pelatihan Community Leaders PT. Permodalan Nasional Madani berkolaborasi dengan Karya Digital Madani. (Foto/Istimewa)

SIANTAR – nduma.id


PT. Permodalan Nasional Madani (PNM) berkolaborasi dengan Karya Digital Madani (KDM) menggelar Pelatihan Community Leaders di Horison Hotel, Pematang Siantar, Sabtu (3/12/2022).


Peltihan itu melalui program Pengembangan Kapasitas Usaha (PKU), membawa tema “Insan PNM Berkualitas, Dukung UMKM Indonesia Naik Kelas”.


Pesertanya berjumlah 250 orang yang merupakan pendamping nasabah PNM Mekaar atau Kepala Unit Mekaar, Senior Account Officer, dan Account Officer wilayah Pematang Siantar.


“Ini bertujuan untuk memberikan keterampilan dan pengetahuan kepada teman-teman AO yang ada di Pematang Siantar,” ujar Yandry Maroly, Pemimpin PNM Cabang Pematang Siantar.


Yandry berharap kedepan semua yang tergabung menjadi Community Leaders harus bisa berperan kepada komunitas yang akan dipegang kedepannya untuk membimbing nasabah go digital sehingga naik kelas.


Yandry Maroly, Pemimpin PNM Cabang Pematang Siantar. (Foto /Rudi)
.

Community Leaders katanya merupakan sosok rekan-rekan pendamping nasabah PNM Mekaar, seperti pemimpin komunitas yang akan membantu nasabah untuk melakukan pendampingan dan pelatihan sederhana di dalam grup, sehingga usaha nasabah bisa berkembang lebih maju dan naik kelas.


“Kegiatan ini menunjukkan komitmen PNM dalam memberikan pemberdayaan bagi nasabahnya yang berada diseluruh Indonesia," ujar Dicky Fajrian selaku Kepala Divisi Pengembangan Kapasitas Usaha PT PNM.


Melalui pelatihan CL ini Dicky mengharapkan dapat meningkatkan kompetensi dari AO sehingga kedepan bisa mendampingi nasabah untuk go digital sehingga pemberdayaan PNM dapat dilakukan secara lebih intensif dan masif.


Pelatihan itu disebut Dicky tidak terlepas dari komitmen pendampingan PNM dalam membangun hubungan emosional dan memberikan dukungan kepada para pendamping nasabah, sebagai bekal mendapatkan pengetahuan baru yang dapat berdampak baik kepada kemajuan usaha nasabah PNM.


Dicky Fajrian, Kepala Divisi Pengembangan Kapasitas Usaha PT PNM. (Foto/Rudi)


Selanjutnya pelatihan ini juga merupakan bentuk kolaborasi PNM PKU dengan KDM yang memfasilitasi pemberian materi serta program-program sosial media seperti Bakool, Produk Keren UMKM (PKU), belajar bareng PNM, dan ngobrol bareng PNM.


Pelatihan berjalan sesuai dengan protokol kesehatan yang ketat.


Pelatihan juga nantinya akan dilakukan secara nasional.


Acara pelatihan itu diwarnai dengan performance berupa tarian tradisional Batak Simalungun, Batak Toba, dan Bernyanyi dipersembahkan oleh teman-teman unit PNM Mekaar wilayah Pematang Siantar.


Sebagai informasi, hingga 2 Desember 2022 PNM telah menyalurkan pembiayaan sebesar Rp 155,35 Triliun kepada nasabah PNM Mekaar yang berjumlah 13,26 juta nasabah.


Saat ini PNM memiliki 3.500 kantor layanan PNM Mekaar dan 638 kantor layanan PNM ULaMM di seluruh Indonesia yang melayani UMK di 34 Provinsi, 422 Kabupaten - Kota, dan 5.640 Kecamatan.


Pelatihan dihadiri oleh Yandry Maroly selaku Pemimpin PNM Cabang Pematang Siantar, Dicky Fajrian selaku Kepala Divisi Pengembangan Kapasitas Usaha PT PNM, Arfan selaku Wakil Pemimpin PNM Cabang Pematang Siantar, Fitri Junaidi selaku Manajer Regional Mekaar, Isna Khairanny selaku Manajer Regional Pengawasan Mekaar, Mukhlis Nasution selaku Manajer Supporting PNM Cabang Pematang Siantar dan Pemateri, Eka Fenty Widyan dari selaku Narasumber dari KDM, dan Hanna Exaudia Ekasyahputri selaku Narasumber dari Rahasia Gadis.


Penulis : Rudi

Editor : Yon