Demokrat

Demokrat

Domian

Domian

Wahyu Sagala

Wahyu Sagala
Jumat, 02 Desember 2022, 16:14 WIB
Last Updated 2022-12-02T09:15:43Z
Bank IndonesiaSiantarWisudawan

Wisudawan WUBI Siantar Diharap Jadi Wirausaha Lebih Baik

Wisudawan Wubi foto bersama. (Foto/Ari)

Pematang Siantar - nduma.id


Wali Kota Pematang Siantar dr Susanti Dewayani SpA menghadiri Wisuda Wirausaha Bank Indonesia (WUBI) Pematang Siantar-Batch II.


Wisuda dengan tema Digitalisasi dan Kolaborasi untuk Membangun  Pemulihan Ekonomi di Tahun 2022, berlangsung di Ruang Serba Guna Lantai V Kantor Perwakilan Bank Indonesia (KPw BI) Pematang Siantar, Jalan H Adam Malik, Jumat (2/12/2022.


“Dengan diwisudanya 26 peserta program WUBI Tahun 2022 Batch II setelah menjalani program pengembangan kompetensi sejak Maret 2022 lalu, dapat bermetamorfosa menjadi wirausaha yang berkompeten dan profesional, serta mampu menjadi role model bagi pelaku UMKM lainnya, terutama di wilayah kerja KPw BI Pematang Siantar,” kata Walikota.


Para lulusan program WUBI ini juga di harapkan dapat terus berkreasi dan berinovasi di tengah tantangan dunia usaha yang semakin kompetitif dan terdigitalisasi.


Menurut dr Susanti, Pemerintah Kota (Pemko) Pematang Siantar sendiri senantiasa peduli dalam pemberdayaan dan pemberian kesempatan kepada para pelaku UMKM. Minggu lalu, tepatnya 24-26 November 2022, Pemko Pematang Siantar melalui Dinas Koperasi, UMKM, dan Perdagangan bekerja sama dengan Dekranasda Kota Pematang Siantar telah menggelar kegiatan Gebyar UMKM Pematang Siantar Tahun 2022 di Lapangan Haji Adam Malik.


Gebyar UMKM tersebut merupakan kegiatan promosi, pemasaran, dan peningkatan penggunaan produk dalam negeri Kota Pematang Siantar.


Sebelumnya, Selasa 15 November 2022 lalu, dr Susanti telah menerima Lencana Siddhakarya atas kepedulian membina dan mendorong kemajuan produktivitas perusahaan dan UMKM.


Lencana tersebut diberikan langsung oleh Gubernur Sumatera Utara Edy Rahmayadi.


Saat itu juga, ada dua UMKM dari Kota Pematang Siantar yang  menerima Penghargaan Siddhakarya, yaitu PT Pabrik Es Siantar yang memproduksi minuman Cap Badak, serta UD Artha yang memproduksi ulos.


"Kedua UMKM tersebut selanjutnya mewakili Provinsi Sumatera Utara sebagai nominator untuk mendapatkan penghargaan Anugerah Paramakarya yang akan diberikan oleh Presiden Republik Indonesia," terangnya.


Sementara itu, Kepala KPw BI Pematang Siantar Teuku Munandar mengatakan, pihaknya mengundang wali kota, instansi, dan berbagai pihak sebagai bukti dr Susanti tidak sendiri dalam berjuang memajukan ekonomi Pematang Siantar.


 "Di sini ada lembaga dari Kementerian Keuangan, PT Pos, PT PLN, dan perbankan. Kami siap mendukung ibu untuk membuat Pematang Siantar Sehat, Sejahtera, dan Berkualitas," sebut Munandar.


Kata Munandar, kegiatan pembinaan UMKM melalui Program WUBI bertujuan mengubah mindset para pengusaha.


BI, katanya, tidak ada memberikan bantuan materi berupa uang maupun alat produksi. Sebab program tersebut lebih ditekankan kepada perubahan pemikiran para pelaku UMKM.


"Bagaimana mindset kawan-kawan bisa lebih bagus dari yang sebelumnya. Dari yang awalnya tipe Fixed Mindset menjadi Growth Mindset yang cenderung positif dan siap menerima masukan, kritik, dan berkembang," paparnya.


Penulis  : Ari

Editor  : Rudi