DPM

DPM

Polres

Polres

Balon Golkar

Balon Golkar
Selasa, 17 Januari 2023, 08:51 WIB
Last Updated 2023-01-17T01:56:04Z
DairiGempaPanik

Dairi di ‘Goyang’ Gempa M 6,2 dari Aceh Singkil

Peta geografis. (Foto/Istimewa)

DAIRI – nduma.id


Sejumlah wilayah di sekitar Kabupaten Aceh Singkil Provinsi Nangroe Aceh Darussalam di goyang Gempa.


Gempa berkekuatan magnitudo  6,2  itu berpusat di Kabupaten Aceh Singkil, Provinsi Aceh, terjadi pada Senin 16 Januari 2023, sekitar pukul 05:30 WIB berada pada Kabupaten Aceh Singkil.


Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah Kabupaten Dairi, Masaraya Berutu mengaku wilayahnya aman dari kerusakan.


“Di Dairi sejauh yang kita monitor tidak ada yang terkena dampak akibat gempa yang terjadi tadi pagi pak, dan kita berupaya monitor di berbagai tempat,” kata Masaraya.


Meski demikian pihaknya masih tetap waspada mengantisipasi dari laporan warga dan gempa susulan.


Di Kabupaten Dairi, getaran gempa terasa hingga durasi 10 Detik, dan sempat membuat warga panik.


“Gak sempat lagi ngambil video panik, langsung keluar dari rumah kami, takut,” kata pemilik bengkel ban di Desa Hutarakyat, Sidikalang.


Selain di Kabupaten Dairi, goyangan juga terasa di daerah lainnya  di Sumatera Utara seperti Kabupaten Pakpak Bharat, Kabupaten Humbang Hasundutan, Kabupaten Tapanuli Tengah, Kabupaten Nias Utara, dan sejumlah daerah di Aceh.


Data dari Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika, Gempa Bumi tektonik M 6,2 terjadi di laut tenggara Aceh Singkil, Aceh dan tidak berpotensi tsunami.


Memiliki parameter update dengan magnitudo M6,2. Episenter gempa bumi terletak pada koordinat 1,98° LU ; 97,90° BT, atau tepatnya berlokasi di laut pada jarak 41 Km arah Tenggara Kota Singkil, Aceh pada kedalaman 54 km.


Dengan memperhatikan lokasi episenter dan kedalaman hiposenternya, gempa bumi yang terjadi merupakan jenis gempa bumi dangkal akibat adanya aktivitas subduksi lempeng


Indo-Australia yang menunjam ke bawah lempeng Eurasia. Hasil analisis mekanisme sumber menunjukkan bahwa gempa bumi memiliki mekanisme pergerakan geser naik ( oblique thrust ).


Gempa Bumi ini berdampak dan dirasakan di daerah Aceh Singkil dan Gunung Sitoli dengan skala intensitas IV MMI ( Bila pada siang hari dirasakan oleh orang banyak dalam rumah ), daerah Subulussalam, Aceh Selatan dengan skala intensitas III - IV MMI ( Bila pada siang hari dirasakan oleh orang banyak dalam rumah ), dan daerah Padang Sidempuan dengan skala intensitas II - III MMI ( Getaran dirasakan oleh beberapa orang, benda-benda ringan yang digantung bergoyang ). 

Hasil pemodelan menunjukkan bahwa gempa bumi ini tidak berpotensi tsunami.


Hingga pukul 06.00 WIB, hasil monitoring BMKG belum menunjukkan adanya aktivitas gempa bumi susulan ( aftershock ).


BMKG merekomendasi kepada masyarakat diimbau agar tetap tenang dan tidak terpengaruh oleh isu yang tidak dapat dipertanggungjawabkan kebenarannya.


Agar menghindari dari bangunan yang retak atau rusak diakibatkan oleh gempa. 


Periksa dan pastikan bangunan tempat tinggal anda cukup tahan gempa, ataupun  tidak ada kerusakan akibat getaran gempa yang membahayakan kestabilan bangunan sebelum anda kembali ke dalam rumah.


Reporter : Rudi

Editor : Novel