DPM

DPM

Polres

Polres

Balon Golkar

Balon Golkar
Minggu, 22 Januari 2023, 14:03 WIB
Last Updated 2023-01-23T07:05:34Z
DairiDanau TobaDekranasdaF1H2O

Dairi Gelar Lake Toba Fashion Week Meriahkan Event F1H20

Ketua Dekranasda Kabupaten Dairi, Romy Mariani Simarmata. (Foto/Istimewa)

DAIRI, Sidikalang – nduma.id


Ketua Dewan Kerajinan Nasional Daerah (Dekranasda) Kabupaten Dairi, Romy Mariani Simarmata mengatakan Dekranasda Dairi selama ini selalu ikut mendukung program pemerintah, terutama dalam pengembangan kerajinan daerah.


Dia memberi contoh mulai dari mengikuti Summit W-20 di Parapat, mengenalkan tenun ulos ramah lingkungan di inacraft 2022, melakukan pelatihan pengembangan dan diversifikasi produk, dan pelatihan pengelolaan bisnis dan manajemen wirausaha.


Sebagai bentuk konsistensi kata Romy, Dekranasda Dairi juga akan melakukan program kerja di 2023 seperti Inacraft 2023, Kriya Nusa 2023, kolaborasi Pemkab Dairi dengan Toba tenun lewat pagelaran fashion show di acara Gala Dinner Formula 1 Power Boating atau F1H20 di Danau Toba, 24 - 26 Februari 2023 mendatang.


"Dalam waktu dekat yakni Februari, Pemkab Dairi juga akan mengambil peran dalam fashion show di acara gala dinner F1H20. Dalam hal ini kami memohon dukungan dari Dekranasda Provsu, juga kami akan ambil peran dalam Lake Toba Fashion Week dan program terakhir akan melakukan pelatihan tenun motif baru dan pembuatan pasta pewarna alami,” ujarnya.


Kegiatan lainnya yang sudah dilakukan Dekranasda Dairi adalah pelatihan manajemen mutu dan pengelolaan sentra IKM, pelatihan komunikasi publik dalam mendukung pariwisata dan pengembangan promosi produk IKM untuk menjalankan kemitraan.


“Kami sangat berharap perhatian dari Dekranasda Pemprovsu untuk senantiasa memberi prioritas bagi Dekranasda Dairi apabila ada bantuan dan pelatihan-pelatihan," kata Romy saat menghadiri acara Rapat Kerja (Raker) Dekranasda Provinsi Sumatera Utara Tahun 2023 di Aula Tengku Rizal Nurdin Medan, Jumat (20/1/2023).


Penulis : Rudi

Editor : Novel