Demokrat

Demokrat

Domian

Domian

Wahyu Sagala

Wahyu Sagala
Kamis, 26 Januari 2023, 10:20 WIB
Last Updated 2023-01-27T03:43:03Z
DisdukcapilKaroKTP

Disdukcapil Karo Kenalkan Identitas Digital ke Masyarkat

Susy Iswara Bangun, Kadis Dukcapil Karo. (Foto/Byu)

Karo – nduma.id


Membantu masyarakat mempermudah kepengurusan administrasi, Pemeritah Kabupaten Karo di Sumatera Utara mulai memperkenalkan identitas digital kepada masyarakatnya.


Dengan identitas digital ini sejumlah kemudahan akan didapat karena di aplikasi ini semua data mulai dari kartu keluarga, data vaksin, BPJS, dan yang lainnya sudah terintegrasi.


“ Di Karo kami utamakan dulu untuk ASN namun masyarakat tetap kami himbau,” kata Susy Iswara Bangun, Kadis Dukcapil Karo, Kamis (26/1/2023).


Bagi yang ingin beralih ke identitas digital ini, kata Susy cukup hanya datang dengan membawa KTP Eelektrik dan Smart Phone.


Kemudian akan dibantu petugas untuk pengisian data dan barcode melalui aplikasi identitas kependudukan digital yang diunduh melalui play store.


Jadi masyarakat yang mengurus Admiduk kami tanyakan apakah memiliki Smart Phone, Karen itu adalah syarat utamanya. Lalu kami akan buatkan KTP digitalnya untuk lebih memudahkan.


Ada sejumlah kemudahan yang didapat dari identitas digital ini seperti, di aplikasi ini semua data mulai dari kartu keluarga, data vaksin, BPJS, Pajak dan yang lainnya sudah terintegrasi.


Sehingga jika memerlukan data tersebut hanya cukup mencarinya didalam satu aplikasi.


Karena itu aplikasi ini disebut Susy sangat membantu masyarakat mempermudah segala kepengurusan administrasi, hanya dalam satu genggaman saja melalui smart phone.


Sampai saat ini sudah terdaftar sekitar 600 orang yang beralih ke identitas digital dan akan ditargetkan pada tahun ini sebanyak 3000 orang sudah terdaftar.


Digitalisasi identitas kependudukan ini sudah dicanangkan oleh dirjen dukcapil sejak tahun lalu.


Dan difokuskan kepada seluruh ASN di seluruh Indonesia untuk segera beralih ke identitas digital ini


Penulis : Bayu

Editor : Rudi