DPM

DPM

Polres

Polres

Balon Golkar

Balon Golkar
Minggu, 22 Januari 2023, 13:01 WIB
Last Updated 2023-01-22T06:07:55Z
BKSDAKaroOrang Utan

Orang Utan Masuk Perladangan Warga Karo

Petugas BKSDA membawa orang utan. (Foto/ Bayu)

KARO – nduma.id


Warga Desa Kuta Pengkih Kecamatan Mardinding Kabupaten Karo Sumatera Utara menangkap Orang Utan yang masuk ke areal perladangan warga.


Awalnya satwa langka ini terlihat warga berpindah-pinda di perladangan bambu milik warga.


Melihat aktivitas Orang Utan berpindah dari pohon ke pohon sampai memasuki areal perladangan, warga takut satwa ini akan merusak tanaman.


“Sudah jauh sekali masuk ke perladangan warga, Jadi masyarakatnya resah,” kata Kepala desa kuta pengkih, Edi Syahputra Sembiring, Sabtu (21/2/2023).


Akibatnya kata Edi warga takut berladang.


Menghindari konflik antar hewan yang di lindungi ini dengan manusia, warga kemudian mengambil inisiatif untuk menangkapnya dengan jerat.


“Jadi kemarin itu saya dampingi, sekitar jam 7 sudah di bawa ke Desa,” tutur Edi.


Mengantisipasi hal-hal yang tidak di inginkan, satwa di lindungi ini kemudian diamankan warga dan diserahkan kepada Balai Konservasi Sumberdaya Alam Sumatera Utara untuk kemudian di lepas liarkan ke habitatnya.


Sebelumnya Video Orang Utan ini, masuk perladangan warga sempat viral di media sosial.


Di video itu terlihat warga membopong mengamankan orang utan ini ke tempat yang aman, menghindari konflik dengan manusia.


Orang Utan itu di letakkan di ruangan Puskesmas Desa.


Tim dari Balai Konservasi Sumber Daya Alam bersama lembaga orang utan information centre dan Sumatera Orang Utan Conservation Program langsung melakukan evakuasi.


Usai dievakuasi dari Desa, Orang Utan ini kemudian dibawa ke lokasi penangkaran untuk mendapatkan perlindungan sebelum dilepas liarkan kembali di alam liar.


Penulis : Bayu

Editor : Rudi